IHSG BEI dibuka melemah 36,81 poin

id ihsg, bei, bursa saham indonesia, bursa saham, saham, saham gabungan, indek saham, pasar modal, ekonomi, info bisnis

IHSG BEI dibuka melemah 36,81 poin

Ilustrasi - Monitor grafik pergerakan saham. (FOTO ANTARA)

....Pasar saham global terimbas sentimen negatif dari hasil referendum Yunani. Meski penghitungan masih berlangsung, sejumlah 'polling' memperlihatkan bahwa sebagian besar pemilih menolak pemberian dana talangan yang disertai syarat....
Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin dibuka melemah sebesar 36,81 poin terimbas sentimen dari hasil referendum Yunani.

IHSG BEI dibuka melemah sebesar 36,81 poin atau 0,74 persen menjadi 4.946,10. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak turun 9,40 poin (1,10 persen) menjadi 847,63.

"Pasar saham global terimbas sentimen negatif dari hasil referendum Yunani. Meski penghitungan masih berlangsung, sejumlah 'polling' memperlihatkan bahwa sebagian besar pemilih menolak pemberian dana talangan yang disertai syarat," kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Senin.

Menurut dia, konsekuensi besar jika Yunani menolak proposal dana talangan salah satunya adalah dikeluarkan dari zona Eropa. Selain itu, dampak penolakan itu dikhawatirkan mengganggu modal bank-bank Yunani.

"Pelaku pasar yang sedang dalam bayang kecemasan atas krisis utang Yunani akan cenderung melakukan pelepasan saham sehingga menekan IHSG pada perdagangan hari ini," katanya.

Kepala Riset Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo menambahkan bahwa optimisme pelaku pasar atas data ekonomi kuartal kedua yang akan dipublikasikan pada tengah bulan Juli ini tertutup oleh sentimen negatif dari Yunani.

"Krisis Yunani diperkirakan bakal memiliki kemampuan untuk mengganggu tren naik jangka pendek yang sedang terjadi pada IHSG," katanya.

Menurut dia, Indonesia memang tidak ada hubungan ekonomi yang besar terhadap Yunani. Akan tetapi, jika krisis Yunani memicu negara-negara di kawasan Eropa maka sentimennya akan mempengaruhi pasar keuangan global.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng melemah 167,40 poin (0,64 persen) ke level 25.896,71, indeks Nikkei turun 291,04 poin (1,42 persen) ke level 20.248,75, dan indeks Straits Times melemah 23,09 poin (0,70 persen) ke posisi 3.319,43.