Hamilton kembali menangi Grand Prix Britania

id lewis hamilton, grand prix britania, balap mobil, formula one, pebalap, formula 1

Hamilton kembali menangi Grand Prix Britania

Pembalap Formula One dari tim Mercedes Lewis Hamilton (Reuters)

Silverstone, (ANTARA/AFP) - Juara dunia bertahan Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Britania untuk kedua kalinya secara beruntun pada Minggu, untuk memperbesar keunggulannya di klasemen atas rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg.

Hamilton -- pebalap Britania Raya pertama sejak David Coulthard pada 1999/2000 yang meraih dua kemenangan beruntun di balap ini -- unggul sepuluh detik atas Rosberg saat Mercedes mengamankan finis satu-dua, di mana pebalap Ferrari Sebastian Vettel menduduki peringkat ketiga.

Hamilton kini mengoleksi 194 angka dan unggul sepuluh angka atas Rosberg, yang memangkas jarak itu menjadi sepuluh angka menjelang akhir pekan ini.

Memulihkan diri setelah sempat kehilangan keuntungannya dari start terdepan ketika balap dimulai, Hamilton bangkit menuju persaingan dan meraih keunggulan melalui strategi pit stopnya untuk menang dengan keunggulan 10,956 detik.

Ini merupakan kemenangan ketiganya pada balap di kampung halamannya, kemenangan kelimanya tahun ini, dan kemenangan ke-38 dalam karirnya.

Juara empat kali Vettel mengambil keuntungan penuh dari perubahan kondisi-kondisi dengan menyamai catatan waktu di pit stop untuk mengganti ke ban intermediate untuk finis di posisi ketiga.

Pebalap Brazil Felipe Massa, yang memimpin dari start sampai lap ke-20, mengakhiri balap dengan menduduki posisi keempat dengan mengungguli rekan setimnya di Williams Valtteri Bottas asal Finlandia, pebalap Rusia Daniil Kvyat dari Red Bull, dan pebalap Jerman Nico Hulkenberg, yang finis di posisi ketujuh untuk Force India.

Pebalap asal Finlandia Kimi Raikkonen berada di urutan kedelapan untuk Ferrari, setelah masuk pit lebih awal untuk mengganti ban intermediate yang gagal menuai hasil, mengungguli pebalap Meksiko Sergio Perez pada Force India kedua, dan juara dunia dua kali asal Spanyol Fernando Alonso, yang meraih nilai pertamanya di tahun ini dengan finis di posisi kesepuluh untuk tim McLaren Honda yang tengah terpuruk.

Balap sempat diintervensi 'Safety Car' pada putaran pembuka setelah tabrakan beruntun yang menyingkirkan kedua mobil Lotus, dan rekan setim Alonso asal Britania Jenson Button.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)