Bupati: pemekaran kecamatan Peninjauan dapat restu Kemendagri

id kecamatan, pemekaran kecamatan peninjauan

Bupati: pemekaran kecamatan Peninjauan dapat restu Kemendagri

Bupati OKU, Kuryana Aziz dan Camat Peninjauan, Feri Iswan ketika safari Ramadhan di Desa Bunglai (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Rencana pemekaran Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, sudah mendapat restu dari Kemeterian Dalam Negeri, kata Bupati OKU, Kuryana Aziz.

Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) sudah menerima surat pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai persetujuan pemekaran Kecamatan Peninjauan tersebut, kata Bupti Kuryana Aziz saat safari Ramadhan di Desa Bunglai Kecamatan Peninjauan, Minggu.

Menurut Kuryana, dengan diterimanya surat pemberitahuan dari Kemendagri beberapa waktu lalu, maka DPRD OKU segera membahas dan mempersiapkan penetapan pemekaran Kecamatan Peninjauan menjadi dua kecamatan.

"Berdasarkan usulan dari delapan desa di kecamatan tersebut, nantinya Desa Kedaton yang menjadi ibukota kecamatan, dan segala sesuatunya sudah dipersiapkan sebelumnya," kata Kuryana.

Ia menjelaskan, dengan dimekarkannya kecamatan ini, diharapkan pula percepatan pembangunan di desa-desa akan lebih efektif lagi, terutama berkenaan rentang jarak semakin dekat bagi masyarakat desa yang berurusan ke pemerintah kecamatan.

Adanya pemekaran tersebut, maka kecamatan di OKU, akan bertambah dari 12 menjadi 13 kecamatan.

"Kita mengharapkan, dengan dimekarkannya kecamatan Peninjauan, maka pembangunan di daerah semakin tertata dengan baik. Selain itu, masyarakat juga dimudahkan untuk berurusan dengan pemerintahan setempat," katanya

Sementara itu, Ketua tim pemrakarsa pemekaran Kecamatan Peninjauan, Win Fauzi di dampingi sekretaris Marwan, mengaku pihaknya juga sudah mendapat kabar persetujuan Kemendagri tersebut melalui Pemkab OKU.

"Informasi yang kami terima, dalam waktu dekat ini tim dari Kemendagri akan turun ke lapangan, untuk mengecek kelengkapan persyaratan. Di antaranya lahan untuk perkantoran, juga data-data lain," katanya.