Dishub sediakan pos pengawas angkutan sungai

id kapal cepat, kapal angkutan sungai

Dishub sediakan pos pengawas angkutan sungai

Kapal cepat angkutan di perairan Sungai Musi (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Pol Airud Polda Sumatera Selatan bersama TNI AL menjelang Idul Fitri menyediakan empat pos pengawasan angkutan sungai, sebagai upaya antisipasi rawannya terjadi kecelakaan di perairan Sungai Musi.

Pendirian empat unit pos pengawasan tersebut juga untuk memberikan rasa kenyamanan warga menggunakan angkutan sungai, kata Kadishubkominfo Sumsel, Nasrun Umar di Palembang, Jumat.

Dikemukakannya, empat pos pengawas angkutan sungai itu mulai disiagakan oleh Dishubkominfo dibantu Satuan Polairud Polda Sumsel beserta TNI AL dalam upaya pengamanan arus mudik lebaran, serta mengantisipasi rawannya kecelakaan sering terjadi di perlintasan sepanjang perairan Sungai Musi.

Sejumlah lokasi strategis perairan Sungai Musi, seperti di Muara Kumbang, Muara Sugihan, Simpang PU dan Tanjung Api-Api di Kabupaten Banyuasin dijadikan titik fokus Posko tersebut mulai 14 hari sebelum dan 10 hari setelah Idul Fitri.

Menurut dia, setiap hari petugas di Posko tersebut memantau arus angkutan sungai yang membawa penumpang baik menuju Palembang

maupun ke daerah pedalaman seperti Makarti dan Upang, serta melaporkan perkembangan secara kontinyu ke Posko induk Dishubkominfo di Pos- 9 Palembang.

Dijelaskannya, angkutan sungai yang dilayani dari Kota Palembang ke sejumlah daerah tujuan setiap hari ada 36 trayek perjalanan, sehingga didirikan pos pengawasan di Muara Kumbang, Muara Sugihan, simpang PU dan Tanjung Api-Api.

Ia berharap, melalui pos pengawasan angkutan sungai itu dapat menekan tingginya angka kecelakaan di perairan seperti yang sering terjadi di perlintasan Sungai Musi saat ini.

Kepadatan perlintasan yang setiap hari melayani 36 trayek perjalanan menggunakan kapal motor cepat sangat diperlukan pengawasan secara berkelanjutan demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang pengguna transportasi air, katanya.