KONI gandeng perusahaan sponsori cabang olahraga prioritas

id koni, gandeng perusahaan tambang

KONI gandeng perusahaan sponsori cabang olahraga prioritas

Komite Olahraga Nasional Indonesia. (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Selatan menggandeng perusahaan daerah pertambangan dan energi mensponsori salah satu cabang olahraga prioritas untuk mencapai target menembus 10 besar pada Pekan Olahraga Nasional di Jabar pada 2015.

Wakil Ketua II Pengurus Provinsi KONI Sumsel Musni Wijaya di Palembang, Rabu, seusai bertemu dengan jajaran pimpinan perusahaan daerah pertambangan dan energi mengatakan KONI menggandeng BUMN dan BUMD di Sumsel untuk mengatasi persoalan keterbatasan dana pembinaan atlet.

Sebelumnya, KONI Sumsel juga telah menjalin kesepakatan dengan Bank Sumsel Babel.

"KONI bersyukur sekali, perusahaan tambang dan energi itu menyatakan siap membina salah satu cabang olahraga unggulan program KONI Sumatera Selatan," kata dia.

Sebagai wujud nyata, ia menerangkan perusahaan tersebut siap memberikan batuan untuk pelaksanaan pemusatan latuhan daerah persiapan Porwil di Bangka Belitung sejak 1 Agustus mendatang.

"Untuk kebutuhan menyelenggarakan pemusatan latiahan persiapan Porwil di Babel, 13-20 November 2015, sementara ini KONI masih memiliki target perusahaan daerah yang akan didekati," kata dia.

Terkait persiapan Porwil tersebut, ia menerangkan KONI Sumsel telah mengantongi 200 nama atlet yang akan diproyeksikan berdasarkan hasil Pekan Olahraga Provinsi di Lubuklinggau belum lama ini.

"Rencananya, dari 200 atlet itu akan diciutkan menjadi 170 atlet yang masuk dalam program SSG," kata dia.

Ia melanjutkan, KONI sudah menetapkan bahwa selama menjalani pemusatan latihan tersebut, para atlet andalan daerah ini akan mendapatka uang pembinaan, untuk atlet kelompok pratama Rp2 juta, madya Rp3,5 juta, dan utama Rp5 juta.

"Meski sudah memiliki anggaran untuk pembinaan, namun anggaran APBD yang dialokasikan di KONI Sumsel saat ini masih belum cukup untuk membiayai seluruh perlengkapan atlet untuk berlatih dan bertanding," kata dia.

Direktur Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumsel Yaniarsyah menyatakan siap membantu kebutuhan KONI Sumsel dalam membina atlet.

"Selama ini, PDPDE sudah membina cabang olahraga petanque, untuk persiapan SEA Games bagi atlet nasionalnya. Ke depannya, perusahaan siap membantu cabang olahraga lain," kata dia.