Pemprov kembangkan desa belum dilengkapi fasilitas umum

id pemprov, pemprov sumsel

Pemprov kembangkan desa belum dilengkapi fasilitas umum

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel)- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan mengembangkan desa yang belum memiliki fasilitas umum seperti air bersih guna meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Sumatera Selatan Yusnin di Palembang, Selasa mengatakan desa-desa yang belum memiliki sanitasi umum nantinya akan terus dibenahi.

Pembenahan itu antara lain dengan melakukan pembinaan masyarakat desa agar mengerti bagaimana hidup yang sehat, ujar dia.

Pembinaan sendiri dilakukan melalui Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum supaya masyarakat dapat mengelola kebutuhan sehari-hari.

Memang, lanjut dia, di Sumsel masih banyak desa yang belum memiliki fasilitas umum seperti air bersih untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

Oleh karena itu pihaknya terus melakukan upaya pembinaan terhadap masyarakat desa agar bisa mengelola sumber daya air di desa masing-masing.

Dengan adanya Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum disetiap desa sehingga sangat membantu masyarakat yang ada di pedesaan untuk mendapatkan sumber air yang bersih.

Apalagi air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ini merupakan badan yang dibentuk oleh masyarakat desa untuk mengelola sistem sanitasi dan air ditingkat desa.

Sementara anggotanya merupakan pilihan dari masyarakat desa sendiri, ujar dia.

"Jadi masyarakat desa ini bersama-sama membangun fasilitas pengolahan air untuk kebutuhan masyarakat," kata dia.