"colek" membuat Jara terlempar dari Copa America

id gonzalo jara, jara, piala amerika, copa america, conmebol, timnas chile

"colek" membuat Jara terlempar dari Copa America

Aksi tidak terpuji Gonzalo Jara kepada Edinson Cavani (Foto Ist)

....Federasi Sepak Bola Chile telah mendapat informasi mengenai keputusan komite disiplin CONMEBOL berupa skorsing tiga pertandingan bagi Jara. Kami menyesali sanksi ini, namun kami akan menerimanya....

Santiago, (ANTARA Sumsel/AFP) - Pemain bekalang Chile Gonzalo Jara tidak bisa lagi tampil sisa pertandingan Piala Amerika setelah badan sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) menjatuhkan sanksi skorsing tiga pertandingan, Minggu (Senin).

Sanksi tersebut terkait insiden para akhir pertandingan perempat final Piala Amerika pekan lalu. Ketika itu Jara melakukan aksi tak senonoh melesakkan jarinya ke bagian belakang pemain Uruguay Edinson Cavani.

"Federasi Sepak Bola Chile telah mendapat informasi mengenai keputusan komite disiplin CONMEBOL berupa skorsing tiga pertandingan bagi Jara. Kami menyesali sanksi ini, namun kami akan menerimanya," demikian pernyataan federasi sepak bola Chile.

Hukuman itu membuat Jara tidak bisa tampil pada pertandingan semifinal melawan Peru, Senin (Selasa WIB), dan juga kemungkinan pertandingan final juga tim tuan rumah lolos.

CONMEBOL Sabtui lalu bersidang membahas hukuman bagi Jara setelah ada protes dari ofisial Uruguay mengenai perilaku pemain Chile itu.

Namun pelatih Chile Jorge Sampaoli mengkritik keputusan itu dengan mengatakan bahwa hal tersebut bisa menjadi preseden buruk di kemudian hari.

"Jika kita mulai beraksi atas dasar tuduhan di luar laporan wasit, maka masalahnya akan sangat rumit," kata Sampaoli.

"Jika seorang mendapat sanksi atas dari tuduhan dari satu pihak, makan semuanya akan mulai melakukan hal itu," tambahnya.

Absennya Jara membuat pusing Sampaoli karena bakal berpengaruh pada lini belakang timnya untuk pertandingan melawan Peru.

Jara cukup efektif bersama pemain klub Inter Milan Gary Medel di jantung pertahanan Chile. Kini Sampaoli akan menyiapkan penggantinya, antara Francisco Silva, Miiko Albornoz atau Jose Rojas.

Sementara itu pelatih Peru Ricardo Gareca mengatakan timnya akan tetap waspada meskipun Chile tanpa Jara.

"Chile punya kekuatan di lini tersebut, absennya Jara tidak akan banyak berpengaruh," kata Gareca.   (Penterjemah: Uu.SYS/C/T. Handoko)