IHSG BEI dibuka melemah 26,77 poin

id ihsg, bei, bursa efek indonesia, pasar modal, saham, indeks, saham, bursa regional

IHSG BEI dibuka melemah 26,77 poin

IDX (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

....Perundingan terkait penanganan utang Yunani terhadap kreditur Uni Eropa, Dana Moneter Internasional dan Bank Sentral Eropa yang gagal menghasilkan kesepakatan menjadi salah satu sentimen negatif bagi pasar saham global, termasuk IHSG BEI....
Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin dibuka melemah sebesar 26,77 poin seiring dengan bursa saham di kawasan Asia menyusul belum adanya kesepakatan penanganan utang Yunani.

IHSG BEI dibuka melemah 26,77 poin atau 0,54 persen menjadi 4.896,23. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak turun 6,84 poin (0,81 persen) menjadi 835,52.

"Perundingan terkait penanganan utang Yunani terhadap kreditur Uni Eropa, Dana Moneter Internasional dan Bank Sentral Eropa yang gagal menghasilkan kesepakatan menjadi salah satu sentimen negatif bagi pasar saham global, termasuk IHSG BEI," kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Senin.

Dalam pekan ini, lanjut dia, sentimen yang menjadi perhatian pasar berkenaan dengan krisis Yunani diperkirakan berdampak bagi pergerakan indeks global ke depannya. Yunani menyatakan bahwa hasil pembicaraan dengan para kreditur internasional mengenai dana talangan akan diputuskan untuk diterima atau ditolak setelah melangsungkan referendum nasional yang akan akan berlangsung 5 Juli.

Faktor dari dalam negeri, ia mengatakan bahwa sentimen negatif bagi pasar saham domestik berkenaan dengan isu perombakan atau "reshuffle" Kabinet Kerja yang masih terus bergulir. Sejauh ini ada beberapa menteri yang tidak sejalan dengan arah kebijakan Presiden dalam upaya menyejahterakan rakyat yang dikhawatirkan menurunkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan.

"Masyarakat berharap ada langkah cepat dan tegas mengambil keputusan meski kondisi ekonomi memburuk," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng melemah 463,18 poin (1,74 persen) ke level 26.200,69, indeks Nikkei turun 415,19 poin (2,01 persen) ke level 20.290,96, dan indeks Straits Times melemah 39,10 poin (1,18 persen) ke posisi 3.281,27. ***3***Budi Suyanto