Sumsel maksimalkan program ketahanan pangan

id pemprov sumsel, sumsel, program ketahanan pangan, padi, sawah, kadis pu pengairan, syamsul bahri

Sumsel maksimalkan program ketahanan pangan

Ilustrasi - Petani menanam bibit padi pada musim tanam di kompleks persawahan Plaju darat, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (16/6). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan program ketahanan pangan antara lain membangun irigasi persawahan terutama di lahan lebak.

Kepala Dinas PU Pengairan Provinsi Sumsel Syamsul Bahri kepada wartawan di Palembang, Minggu mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membuat irigasi persawahan di lahan lebak.

Usulan tertsebut telah disetujui dan ada empat kabupaten yang menjadi sasaran pembuatan irigasi sawah tersebut, ujar dia.

Kabupaten yang menjadi sasaran pembuatan irigasi tersebut yakni Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin, kata dia.

Memang, lanjut dia, dana sendiri dikucurkan melalui DAK langsung ke kabupaten yang menjadi sasaran irigasi persawahan tersebut dan pihaknya melakukan koordinasi.

Menurut dia, kesemuanya itu dilakukan supaya produksi padi di Sumsel bertambah karena adanya areal yang ditambah dan maksimalkan.

Memang, lanjut dia, ketahanan pangan merupakan program yang harus disukseskan semua pihak supaya sumber daya manusia akan semakin berkualitas.

Apalagi ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar yang menjadi skala prioritas dalam meningkatkan ketahanan masyarakat, kata dia.

Oleh karena itu sudah menjadi tugas bersama dalam menyukseskan program yang menjadi sasaran dari pemerintah pusat tersebut, ujar dia.

Ketahanan pangan menjadi program pemerintahan pusat yang harus disukseskan bersama termasuk Pemerintah Provinsi Sumsel.