Pedagang mobil di Palembang manfaatkan jasa pelabuhan

id pedagangan mobil, mobil, pelabuhan, pt pelindo,

Pedagang mobil di Palembang manfaatkan jasa pelabuhan

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

....setelah dirasakan memudahkan proses pengiriman kendaraan dalam jumlah besar dari agen di Jakarta ke Palembang dan wilayah Sumsel lainnya, kini banyak yang meninggalkan jasa pengiriman melalui jalur darat....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pedagang mobil di Palembang dan sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Selatan lainnya memanfaatkan secara maksimal jasa pelabuhan untuk mendatangkan berbagai jenis kendaraan bermotor roda empat ke daerah ini.

Salah seorang pedagang mobil, Rudi, di Palembang, Jumat, mengatakan bahwa pelayanan jasa bongkar muat mobil yang dibuka PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Palembang pada Agustus 2013, telah dimanfaatkan oleh hampir seluruh pedagang mobil di daerah ini.

Pada awalnya hanya beberapa pedagang mobil yang memanfaatkan pelayanan jasa pelabuhan itu, namun setelah dirasakan memudahkan proses pengiriman kendaraan dalam jumlah besar dari agen di Jakarta ke Palembang dan wilayah Sumsel lainnya, kini banyak yang meninggalkan jasa pengiriman melalui jalur darat.

Pengiriman mobil pesanan pelanggan selama ini dilakukan melalui jalur darat, dengan cara dijalankan langsung atau diangkut dengan kendaraan truk khusus.

Proses pengiriman melalui jalur darat itu selain biayanya sedikit lebih mahal dari melalui jalur laut, pengiriman tidak bisa dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus karena terbatas tenaga pengantarnya.

Dengan adanya angkutan laut melayani pengiriman mobil provit dan disediakan lapangan khusus untuk bongkar muat mobil di area Pelabuhan Boom Baru Palembang, pemenuhan permintaan kendaraan roda empat jenis sedan, minibus, dan kendaraan niaga dapat dilakukan dengan cepat.

Pada Ramadan ini, pihaknya telah melakukan dua kali bongkar muat mobil di Pelabuhan Boom Baru untuk memenuhi pesanan kendaraan yang akan digunakan masyarakat untuk merayakan Idulfitri pada pertengahan Juli 2015, katanya lagi.

Sebelumnya, Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang Fransiska mengatakan, pelayanan jasa bongkar muat mobil provit yang baru dikembangkan dalam dua tahun terakhir, cukup diminati pedagang mobil di daerah ini.

"Pelayanan jasa bongkar muat kendaraan roda empat itu cukup diminati, setiap bulannya sekitar 400 unit mobil provit berbagai jenis dan merek dikirim dari Pelabuhan Tanjung Priok," ujarnya

Kegiatan bongkar muat mobil provit tersebut merupakan pengembangan pelayanan jasa kepelabuhan di Pelabuhan Boom Baru Palembang yang selama ini hanya melayani bongkar muat barang kargo, kontainer atau peti kemas, serta barang lain nonkendaraan.

Pelayanan jasa bongkar muat mobil provit tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa semakin diminati pedagang mobil, dan berkembang dengan pelayanan bongkar muat barang lainnya seperti sepeda motor provit yang hingga kini masih menggunakan jalur darat dengan kendaraan truk khusus, ujar Fransiska.