KAI: penjualan tiket sesuai jumlah tempat duduk

id kai, pt kai

KAI: penjualan tiket sesuai jumlah tempat duduk

Petugas loket tiketting kereta api di Stasiun Kertapati Palembang (FOTO ANTARA/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumatera Selatan selama angkutan mudik lebaran memberlakukan penjualan tiket sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia untuk menjamin kenyamanan dan keamanan calon penumpang selama dalam perjalanan.

"Selama angkutan penumpang lebaran tahun ini kita memberlakukan penjualan tiket jumlahnya disesuaikan ketersediaan termpat duduk, sehingga tidak akan ada penumpang tidak kebagian tempat duduk atau berdiri selama dalam perjalanan," kata Kepala PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (PT KAI Divre) III Sumatera Selatan, Wawan Ariyanto di Palembang, Kamis.

Wawan Ariyanto di dampingi Kepala Humas Jaka Jarkasih menjelaskan, selama angkutan mudik lebaran tahun ini walaupun terjadi lonjakan penumpang tidak akan menambah kereta seperti kereta sapujagat, paling terjadi penambahan jumlah rangkaian gerbong dua hingga tiga unit saja.

Menurut dia, angkutan penumpang kereta api lebaran tahun 2014 PT KAI Divre III menargetkan sebanyak 114 ribu orang penumpang, dan tahun ini diperkirakan menjadi 119 ribu orang penumapang atau terjadi peningkatan sekitar 15 persen.

Mengenai ketersediaan tiket, menurut dia, seluruh kereta sudah habis dan hanya kelas ekonomi saja masih tersedia untuk pemberangkatan 13 hingga 15 Juli saja.

Demikian juga mengenai kesiapan kereta dan jalur rel dari Stasiun Kertapati tujuan Tanjung Karang (Lampung) dan Kertapati tujuan Lubuk Linggau (Sumsel), semua dinyatakan siap.

"Permasalahannya, persiapan angkutan lebaran atau bukan pihak PT KAI setiap hari siaga dan melakukan pemantauan serta pengecekan di lapangan," katanya.

Sementara, mengenai fasilitas loket tempat penjualan tikat, menurut dia, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan tiket kereta api, pihak perusahaan telah menyediakan fasilitas pembelian melalui sistem dalam jaringan, penjualan melalui agen, maupun beberapa tempat di pasar modern di Kota Palembang.

PT KAI Divisi Regional III mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dan terpancing akan informasi yang beredar seperti di beberapa daerah di luar Sumatera, bahwa tiket sudah habis, karena dari sisi jumlah tiket perjalanan kelas ekonomi, masih cukup banyak yang belum terjual.

Selain itu, pihak perusahaan juga telah mempersiapkan tambahan alokasi tiket jika memang terjadi lonjakan penumpang, serta penambahan beberapa unit gerbong guna memperlancar arus mudik Lebaran.

Ny, Rustina (47), warga Kelurahan 7 Ulu, mengaku senang melakukan perjalanan dengan kereta api, karena fasilitas tersedia jauh berbeda dari kondisi beberapa tahun lalu.

"Kalau beberapa tahun lalu naik kereta api dari Kertapati tujuan Baturaja selama dalam perjalanan sangat tidak nyaman, karena di samping kereta tidak dilengkapi fasilitas alat pendingin, juga para penumpang berdesakan," katanya.

Belum lagi, selama dalam perjalanan, di setiap stasiun pemberhentian, para pedagang seenaknya menjajakan dagangannnya, baik di atas kereta maupun di lingkungan stasiun.

Berbeda dengan kondisi sekarang, keretanya sudah dilengkapi fasilitas alat pendingin ruangan, para penumpang tidak diperbolehkan melebihi dari jumlah tempat duduk yang artinya tidak akan ada penumpang yang berdiri selama dalam perjalanan.

Di samping itu, kondisi kereta yang bersih dan tempat pembuangan air kecil terjaga bersih serta para pedagang tidak diperbolehkan berjualan di lingkungan stasiun, apa lagi di atas kereta.

"Sehingga selama dalam perjalanan merasa aman dan nyaman," katanya.