Tenun songket akan dipromosikan secara internasional

id songket, tenun songket

Tenun songket akan dipromosikan secara internasional

Tenun songket khas Sumatera Selatan (Foto antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tenun songket segera dipromosikan ke tingkat dunia karena akhir Juni 2015 akan disaksanakan peluncuran warisan daerah tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana di Palembang, Kamis mengatakan, peluncuran tenun songket itu berdasarkan hasil rapat di Jakarta lalu.

Pihaknya dipercaya mewakili Pemerintah Provinsi Sumsel mengikuti rapat tentang persiapan peluncuran warisan budaya tersebut dan acara tersebut akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Peluncuran warisan budaya tersebut tidak lain untuk memperkenalkan peninggalan khas daerah tersebut keluar negeri, kata dia.

Apalagi tenun songket banyak diminati masyarakat sehingga promosi keluar daerah tersebut sangat diutamakan, ujar dia.

Dalam peluncuran tersebut akan ditampilkan berbagai songket beserta para pengrajin khas Sumsel itu.

Dia mengatakan, selain itu sekitar 3.000 masyarakat yang menghadiri acara tersebut akan menggunakan songket.

Jadi undangan termasuk pelajar yang menghadiri acara tersebut akan menunggakan songket sehingga kegiatan tersebut semakin semarak, kata dia.

Menurut dia, selain itu acara tersebut untuk memotivasi pengrajin yang ada di daerah ini.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan peminat tenun songket semakin banyak termasuk pengrajin, kata dia. Peluncuran tenun songket itu antara lain bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.