Siasat atlet bulu tangkis latihan saat Ramadhan

id bulu tangkis, atlet bulu tangkis, badminton, pbsi, ramadhan, puasa

Siasat atlet bulu tangkis latihan saat Ramadhan

Ilustrasi - Bulu Tangkis. (ANTARA FOTO)

....minum vitamin dobel dan makan buah-buahan saat buka puasa dan sahur agar tidak dehidrasi....
Jakarta, (ANTARA) - Sejumlah atlet pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia mempunyai siasat untuk tetap menjalani latihan selama bulan Ramadan guna persiapan keikutsertaan dalam turnamen-turnamen internasional.

"Saya minum vitamin dobel dan makan buah-buahan saat buka puasa dan sahur agar tidak dehidrasi," kata atlet tunggal putri pelatnas PBSI Hanna Ramadini kepada Antara di pelatnas PBSI Cipayung Jakarta, Selasa.

Atlet ganda putra Ricky Karanda Suwardi mengaku hanya berpuasa saat libur latihan yaitu pada Minggu dan Sabtu karena hanya latihan pada pagi hari.

"Saya banyak tidak berpuasa karena harus mengikuti latihan dengan porsi seperti biasanya. Kalau Rabu meski hanya latihan pagi hari saya juga tidak berpuasa karena harus berlatih pertandingan," kata Ricky yang berpasangan dengan Angga Pratama pada sektor ganda putra.

Ricky mengaku tantangan terberat jika harus berpuasa saat menjalani latihan di pelatnas PBSI adalah haus.

"Biasanya saya minum air yang banyak, termasuk minuman manis. Tapi, saya tidak langsung minum dingin ketika buka. Justru minum air hangat seperti teh hangat dan makan buah-buahan setiap buka dan sahur," kata Ricky tentang siasatnya untuk tetap berpuasa saat menjalani latihan.

Pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi mengatakan tidak mengubah jadwal ataupun pola latihan ketika Ramadan.

"Kami meminta atlet untuk tidak berpuasa saat harus latihan karena daya tahan mereka akan turun. Itu sudah pernah terjadi pada atlet-atlet terdahulu," kata Herry IP.

Herry mengatakan para atlet seringkali berpuasa pada hari libur latihan yaitu Minggu serta Rabu dan Sabtu saat jadwal latihan hanya pada pagi hari.

"Saat ini kami meminta atlet untuk mempersiapkan diri menjelang Taipe Grand Prix Gold pada 14 Juli mendatang," kata Herry.

Sebelumnya, atlet ganda campuran Richi Puspita Dili tetap berpuasa meski menjalani latihan di pelatnas PBSI Cipayung Jakarta.

"Saya mengikuti program latihan yang sama seperti atlet lain yang tidak berpuasa. Memang saya menjadi agak lemas, tapi saya tetap kuat," kata Richi.

Richi mengaku tetap dapat berpuasa penuh sejak hari pertama Ramadan karena mendapat jatah libur setelah mengikuti SEA Games 2015.

Selain turnamen Taipei GPG, para atlet bulu tangkis Indonesia sedang mempersiapkan untuk turun dalam turnamen Asia Junior Championships dan BWF World Championships 2015.