Pemprov kembangkan danau Jakabaring

id danau jakabaring, terus dikembangkan

Pemprov kembangkan danau Jakabaring

Danau Jakabaring Palembang (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus melakukan pengembangan danau SKI Air Jakabaring Palembang, supaya arena tersebut dapat dijadikan tempat pertandingan dayung Asian Games 2018.

Pengerjaan terus dilaksanakan terutama pada lahan yang sudah dibebaskan, kata Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel, Ruslan Bahri di Palembang, Selasa.

Menurut dia, perluasan danau tersebut ada yang menggunakan lahan warga selain dimiliki Pemerintah Provinsi Sumsel.

Untuk lahan yang sudah dibebaskan pengerjaan pengembangan terus dilaksanakan, sehingga lintasan dayung tersebut diharapkan selesai lebih cepat.

Menurut dia, danau Jakabaring nantinya akan diperluas menjadi panjang 2.400 meter dari sebelumnya hanya 1.200 meter.

Memang, dalam pengembangan danau itut pihaknya bekerja sama dengan Dinas PU Pengairan setempat dan instansi terkait lainnya.

Sementara mengenai ganti rugi lahan milik warga, dia mengatakan, akan diselesaikan secara bertahap sehingga perluasan danau yang juga dijadikan tempat wisata bagi masyarakat itu cepat diselesaikan.

Yang jelas, danau itu setelah dikembangkan harus memenuhi syarat untuk perlombaan dayung internasional, sehingga pengerjaannya harus dilaksanakan secara maksimal dan seteliti mungkin.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, seluruh infrastruktur yang mendukung kelancaran pesta olahraga internasional mendatang harus dikerjakan secepat mungkin.

Jadi seluruh fasilitas pendukung termasuk pengembangan danau harus rampung sebelum 2018, katanya.