Palembang tawarkan investasi pariwisata ke Malaysia

id palembang, pemerintah malaysia, Dato Sri Mustapa Mohamed, pariwisata palembang, meteri malaysia

Palembang tawarkan investasi pariwisata ke Malaysia

Menteri Perdagangan Antarbangsa dan Industri Malaysia YB Dato Sri Mustofa Mohamed (kanan) berbincang dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kiri) di Griya Agung, Palembang, Senin (22/6). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menawarkan investasi sektor pariwisata ke Malaysia karena saat ini gencar mengejar target sebagai lokasi wisata sungai pertama di Indonesia.

Staf Ahli Pemerintah Kota Palembang bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Investasi Sudirman Tegoeh di Palembang, Selasa, mengatakan pemkot menarik minat Malaysia karena negara ini memiliki kedekatan secara geografis dan emosional dengan Kota Palembang.

"Rute penerbangan langsung dari Palembang ke Malaysia ada setiap hari dengan jarak tempuh hanya satu jam. Jika ini dinilai suatu peluang maka tidak sulit lagi bagi Malaysia untuk memulainya," kata Sudirman seusai menerima kedatangan rombongan Menteri Perdagangan Antarbangsa dan Industri Dato Sri Mustapa Mohamed.

Ia mengatakan, kedekatan secara historis dengan Malaysia karena dikisahkan bahwa Malaka dibuka oleh seorang tokoh yang berdiam di era Kerajaan Sriwijaya yakni Prameswara dapat dijadikan acuan para investor untuk menanamkan modal di sektor ini.

Selain itu, belum lama ini Pemkot Palembang telah menjalin kerja sama dengan BUMN pengembangan pariwisata PT ITDC untuk mengembangkan kawasan sungai dengan membangun hotel 20 lantai dengan nilai investasi diperkirakan mencapai Rp200 miliar.

"Tinggal lagi bagaimana caranya menarik minat investor Malaysia untuk menggarapnya, apalagi memiliki kemiripan dari segi budaya dan bahasa. Harapannya, dari pemerintah Malaysia juga merekomendasikan Palembang kepada investornya," kata dia.

Menteri Perdagangan Antarbangsa dan Industri Dato Sri Mustapa Mohamed dengan didampingi Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Seri Zahrain Mohamed mengatakan akan menawarkan peluang investasi di Palembang ke para pengusaha Negeri Jiran.

"Untuk sektor pariwisata akan coba ditawarkan apalagi jumlah wisatawan asal Malaysia yang berpergian ke luar negeri semakin bertambah setiap tahun," kata dia.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumsel menargetkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung pada 2015 menjadi lima juta orang atau meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekira tiga juta orang.

Peran Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 diharapkan menjadi pendongkrak sektor pariwisata untuk tumbuh dan berkembang.