Malaysia jajaki peluang investasi di Sumatera Selatan

id malaysia, mendag malaysia, dato sri mustafa mohamed, investasi, perkebunan, pertanian, pembangunan infrastruktur

Malaysia jajaki peluang investasi di Sumatera Selatan

Menteri Perdagangan Antarbangsa dan Industri Malaysia YB Dato Sri Mustofa Mohamed (kanan) berbincang dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kiri) di Griya Agung, Palembang, Senin (22/6). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

....Malaysia mendengar Sumsel juga gencar memancing investor datang, seperti belum lama ini ada investor dari Jepang. Artinya, dari sisi pemerintah telah membuka peluang, bisa jadi menawarkan beberapa kemudahan, dan Malaysia ingin memanfaatkan kesemp
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Malaysia menjajaki peluang berinvestasi di Sumatera Selatan karena provinsi ini gencar membangun berbagai sektor untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Menteri Perdagangan Antarbangsa dan Industri Malaysia Dato Sri Mustafa Mohamed di Palembang, Selasa, mengatakan Sumatera Selatan layak menjadi incaran investor Malaysia karena daerah ini menawarkan investasi di sektor perkebunan, pertanian, dan pembangunan infrastruktur.

"Malaysia ingin meningkatkan investasi di Indonesia, dan salah satunya ke Sumatera Selatan karena daerah ini ada batu bara, karet, sawit, beras, sapi, dan jagung. Selain itu akan juga dibangun jalan tol dan pelabuhan," kata Dato Sri Mustafa seusai bertemu dengan Staf Ahli Wali Kota Palembang Sudirman Tegoeh dan jajaran pemerintah kota di Kantor Wali Kota Palembang.

Ia mengatakan, untuk investasi infrastruktur, menurutnya, kemampuan investor Malaysia tidak perlu diragukan karena telah terjalin kerja sama dengan Indonesia untuk pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan 116 km dengan menanamkan modal 1 juta dolar Amerika Serikat.

Sementara, total investasi Malaysia di Indonesia untuk beragam sektor mencapai 15 juta dolar Amerika Serikat. 

"Untuk Sumsel sendiri masih terbilang kecil, karena hanya ada di sektor perkebunan. Tercatat ada tiga perusahaan Malaysia yang berusaha di sini, selebihnya ada di Medan, Sumatera Utara," kata dia.

Menurutnya, peluang pertumbuhan investasi Malaysia di Sumatera Selatan ini cukup terbuka karena didukung dengan jumlah rute penerbangan langsung dari Palembang-Malaysia yang ada setiap hari.

Kemudian, Malaysia juga memiliki kedekatan secara emosional karena satu rumpun Melayu.

"Malaysia mendengar Sumsel juga gencar memancing investor datang, seperti belum lama ini ada investor dari Jepang. Artinya, dari sisi pemerintah telah membuka peluang, bisa jadi menawarkan beberapa kemudahan, dan Malaysia ingin memanfaatkan kesempatan ini," ujar dia didampingi Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Seri Zahrain Mohamed Hashin.

Sebelum bertemu dengan pejabat Pemkot Palembang, rombongan Mendag diterima oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin.