Disperindag siapkan stok ikan gabus selama Ramadhan

id ikan gabus, stok ikan gabus

Disperindag siapkan stok ikan gabus selama Ramadhan

Ikan gabus untuk digiling sebagai bahan baku pempek (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan ribuan kilogram ikan gabus untuk stok dan memenuhi kebutuhan masyarakat daerah itu selama Ramadhan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan menyiapkan ikan tersebut, kata Kepala Disperindag Sumsel Permana di Palembang, Jumat.

Persediaan ikan yang cukup banyak tersebut sebagai pengganti daging bila suatu saat persediaan terbatas, ujar dia.

Apalagi ikan nilai gizinya tidak beda dengan daging sehingga persediaan harus diperbanyak dari sebelum puasa, namun dia tidak menyebutkan jumlahnya.

Yang jelas, persediaan ikan gabus dan daging harus selalu tersedia lebih banyak selama bulan puasa dan menjelang lebaran nanti, kata dia.

Ia menjelaskan, ikan gabus ini merupakan produk lokal sehingga pemanfaatannya harus diutamakan kepada masyarakat daerah ini terlebih dahulu.

Ketika ditanya mengenai kebutuhan masyarakat selama Ramadhan, dia mengatakan, umumnya mengalami kenaikan dari hari biasa.

Begitu juga harga juga biasanya mengalami kenaikan karena sesuai dengan permintaan yang mengalami peningkatan, namun dia tidak menyebutkan besar kenaikan tersebut.

Khusus kebutuhan pokok pihaknya telah mengantisipasi supaya kenaikan tidak terlalu tinggi melalui pasar murah, ujar dia.

Dengan dilaksanakan berbagai upaya tersebut diharapkan umat muslim yang menjalankan ibadah puasa menjadi lebih khusuk dan amal ibadah semakin meningkat, tambah dia.