Pentingnya orang tua jadi sahabat sejati anak

id anak, orang tua, artikel, penyuluhan, pendidikan, bkkbn

Pentingnya orang tua jadi sahabat sejati anak

Orang tua dan anak (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....anak adalah titipan yang seharusnya dijaga, diayomi dan dilindungi agar keberadaannya tetap utuh dan baik selamanya....
Anak adalah anugerah, yang merupakan harapan masa depan. Anak juga sebuah amanah dan tanggung jawab, yang sekaligus potret keberhasilan orang tua.

Penyuluh pendidikan anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Selatan Eva Suri Novianti mengatakan dari beberapa pemeo tersebut dapat digambarkan bahwa memiliki anak adalah sebuah anugerah yang tak ternilai.

Keberadaan anak dalam sebuah rumah tangga seharusnya dapat menumbuhkan kehangatan, semangat dan kebahagian. Selain itu keberadaan anak akan menumbuhkan harapan-harapan di masa yang akan datang, yang seharusnya menjadi dorongan bagi orang tua untuk dapat meraih dan mencapainya.

"Namun perlu juga disadari bahwa anak adalah amanah. Artinya anak adalah titipan yang seharusnya dijaga, diayomi dan dilindungi agar keberadaannya tetap utuh dan baik selamanya. Kondisi ini tentu membutuhkan sebuah tanggung jawab yang bukan sekadar main-main karena berfungsi sebagai pengasuh, pembimbing, dan pendidik anak," kata Eva di Palembang, Kamis (18/6).

Oleh sebab itu potret keberhasilan orang tua dalam mengemban amanah ini dapat dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan anaknya baik secara fisik, mental maupun spiritual.

Menurutnya, orang tua masa kini harus bisa menjadi teman bagi anak karena dengan hubungan pertemanan maka akan muncul keterbukaan mengenai segala hal.

Di tengah kemajuan zaman yang sarat dengan banyak perubahan, maka orang tua harus pro-aktif mendekati anak, layaknya seorang sahabat, kata dia.

Langkah ini sangat efektif untuk mendeteksi beragam penyimpangan yang rentan mengenai remaja seperti narkoba dan sex bebas.

"Jika bisa, orang tua harus menjadi sahabat terbaik bagi anak. Dengan begini, orang tua sendiri yang akan mendapat manfaatnya, seperti dapat mendeteksi sedari awal jika terjadi penyimpangan karena si anak mau bercerita secara terbuka karena yakin akan didengarkan," kata Eva.

Menurutnya, bukan saatnya lagi orang tua masa kini membuat jarak dengan anak karena akan membuat anak bersikap tertutup, seperti pola asuh yang kerap diterapkan pada beberapa dekade lalu.

"Sikap tertutup ini yang justru berbahaya, karena anak akan mencari tempat pelarian lain. Jika yang dijadikan tumpuan justru mengarahkan ke hal negatif maka bencana yang akan terjadi, seperti terjerat narkoba, pergaulan bebas, dan lainnya," kata dia.

Ia menjelaskan, dengan berperan sebagai teman sejatinya tidak menurunkan kedudukan orang tua di mata anak asalkan tetap diimbangan dengan kewibawaan.

"Bagaimana orang tua berwibawa di mata anak, jawabannya cuma satu yakni teladan. Jika orang tua sendiri sudah tidak mampu mengendalikan diri dan memberikan contoh yang baik maka jangan harap anak akan mau berperilaku lebih baik dari orang tua," kata Kepala Sub Bina Keluarga Balita Anak dan Ketahanan Lansia BKKBN Sumsel ini.

Untuk menjadi sahabat bagi anak, menurut Eva bukan perkara mudah karena membutuhkan suatu proses yang panjang dan tidak bisa instan.

Tapi tidak ada jalan yang sulit asalkan orang tua mau bersungguh-sungguh dan konsisten menjadi pendengar yang baik.

"Untuk menjadi pendengar yang baik artinya orang tua harus menyediakan waktu untuk anak. Bagi orang tua yang sibuk, dapat disiasati dengan menyediakan waktu khusus untuk anak pada akhir pekan, atau setiap hari setidaknya menyediakan waktu untuk melepaskan anak berangkat tidur," kata dia.

Ia melanjutkan, dengan menempatkan posisi sebagai teman dan sahabat, maka akan terjalin hubungan emosional yang berkualitas antara anak dan orang tua.

"Indikatornya sederhana sekali, jika anak merasa hanya orangtuanya yang menjadi teman curhat terbaik maka artinya si orang tua ini sudah berhasil," kata dia.



Pola Asuh Demokratis

Praktisi pendidikan anak Yuli Rianti mengatakan pola asuh demokratis yang melibatkan anak dalam mengambil keputusan menjadi pilihan tepat bagi orang tua dalam menyiapkan sang buah hati untuk menjawab tantangan dan ancaman masa kini dan waktu mendatang.

"Terdapat tiga jenis pola asuh berdasarkan hasil penelitian, yakni otoriter (ketat), demokratis, permisif (bebas). Dari ketiganya, yang paling relevan untuk saat ini yakni demokratis," kata Yuli seusai menjadi pembicara dalam pelatihan Penguatan Kelompok Parenting, Pola Pengasuhan, dan Edukasi BKKBN Provinsi Sumsel di Palembang, beberapa waktu lalu.

Ia menerangkan, pola asuh demokratis itu memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreasi dan mengekplorasi berbagai hal sesuai dengan kemampuannya, dengan sensor bantuan dan pengawasan yang baik dari orang tua.

"Contohnya, orang tua dapat menerapkan pola demoktratis pada penggunaan telepon genggam. Anak tetap dibelikan tapi dibaliknya melekat suatu pengawasan," ujar staf ahli Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Palembang.

Ia menambahkan, pola asuh demoktratis akan menghasilkan karateristik anak yang mandiri, mampu mengendalikan diri, mempunyai hubungan yang baik dengan teman, mampu menghadapi tekanan, mempunyai minat terhadap hal-hal baru, dan kooperatif terhadap orang lain.

Dengan pola ini, anak menjadi ceria, cerdas, percaya diri, terbuka kepada orangtua, menghargai dan menghormati orang tua, serta tidak mudah tertekan dan depresi.

Namun, ia tidak menampik, untuk menjalankannya bukan perkara mudah mengingat orang tua juga memiliki latar belakang pola asuh terdahulu, seperti secara otoriter yang menyebabkan menjadi penakut, pendiam, tertutup, tidak berinisatif, gemar menentang, berkepribadian lemah, cemas, dan menarik diri.

"Terkadang menjadi sulit untuk demoktratis karena sudah terbiasa dididik secara keras. Orang tua dapat menyiasatinya dengan berupaya mengombinasikan meskipun kadarnya tetap harus dikurangi," ujarnya.

Mendidik anak adalah investasi masa depan, bukan hanya berguna bagi seseorang sebagai pribadi tapi juga untuk kemajuan dan kemaslahatan bangsa ini. Jadi selamatkanlah anak dengan pengasuhan, pendidikan dan pendampingan sejak usia dini.