KPU: penelitian data pemilih Pilkada segera dilaksanakan

id kpu, kpu sumsel

KPU: penelitian data pemilih Pilkada segera dilaksanakan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan menyatakan pencocokan dan penelitian Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu untuk pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten di provinsi itu segera dilaksanakan.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Heny Susantih di Palembang, Kamis menyampaikan hal itu sehubungan dengan pelaksanaan pilkada secara serentak 9 Desember 2015 di tujuh kabupaten di provinsi tersebut.

Menurut dia, setelah mereka menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari KPU RI, maka selanjutnya disampaikan ke KPU kabupaten melalui sistem informasi data pemilih.

Selanjutnya diserahkan ke PPS untuk dilakukan pencocokan dan penelitian secara faktual di lapangan, katanya.

Ia mengatakan, nanti DP4 untuk pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel itu akan diumumkan supaya masyarakat bisa mengetahuinya.

Selanjutnya, setelah dilakukan pencocokan dan penelitian baru nantinya menjadi daftar pemilih sementara yang ditetapkan pada 2 September 2015.

Kemudian data pemilih diumumkan kembali kepada masyarakat untuk melihat apakah masih ada yang belum masuk dalam daftar itu, ujarnya.

Ia mengatakan, selanjutnya baru nanti ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada 2 Oktober 2015.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara (Muratara).