Indonesia boyong 47 emas dari Singapura

id emas, medali emas, sea games singapura, sea games, medali sea games

Indonesia boyong 47 emas dari Singapura

Ilustrasi - Peraih medali emas Indonesia (Foto Antarasumsel.com/Ded/14)

.... juara umum adalah Thailand. Sang juara bertahan itu mampu membukukan raihan medali sebanyak 95 emas, 83 perak dan 69 perunggu. Percapaian Indonesia itu lebih diburuk dibandingkan SEA Games 2013 yang finis keempat dengan 65 emas, 84 perak dan 84
Singapura, (ANTARA Sumsel) - Pegelaran kejuaraan dua tahunan atau lebih dikenal dengan SEA Games 2015 di Singapura, Selasa sudah berakhir dan kontingen Indonesia hanya mampu membawa pulang 47 keping medali emas, 61 perak dan 74 perunggu dan berada diposisi kelima.

Adapun posisi tertinggi atau sebagai juara umum adalah Thailand. Sang juara bertahan itu mampu membukukan raihan medali sebanyak 95 emas, 83 perak dan 69 perunggu. Percapaian Indonesia itu lebih diburuk dibandingkan SEA Games 2013 yang finis keempat dengan 65 emas, 84 perak dan 84 perunggu.

Hasil yang diraih oleh kontingen yang dipimpin oleh Taufik Hidayat jika didasarkan pada target yang dicanangkan oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yaitu 46 emas sudah terpenuhi dan hanya finis kelima. Namun, jauh dibawah target yang dicanangkan pemerintah yaitu 72 emas.
Meski demikian, pencapaian medali ini penuh dinamika. Beberapa cabang olahraga gagal mencapau target diantaranya adalah renang. Dari lima yang ditargetkan, hanya satu emas yang diraih. Begitu juga dengan biliar yang sebelumnya ditargetkan dua emas. Cabang ini bahkan tidak mampu merebut emas.

Namun, ada beberapa cabang olahraga yang melebihi target. Sebut saja judo. Dari target satu emas justru mendapatkan empat emas. Begitu juga dengan atletik, dari enam target justru mendapatkan tujuh.

Rowing juga perkasa. Dari enam mampu mendapatkan delapan emas. Khusus dari dayung (kano, kayak, rowing dan perahu naga) mampu mampu menyumbangkan 13 emas untuk kontingen Indonesia. Ski air juga melejit, empat emas bisa diraih atau meningkat satu dibandingkan tiga emas yang ditargetkan
Balap sepeda juga membidik kejutan. Tidak ditargetkan meraih emas dan diiring dengan permasalahan yang terjadi di induk organisasinya atau PB ISSI, justru mampu menyumbangkan satu medali emas. Bulu tangkis juga sesuai dengan harapan yaitu mampu merebut tiga emas.

Menjadi cabang olahraga penutup kejuaraan dua tahunan itu, Indonesia mampu menyumbangkan dua emas dari nomor ganda putra dan ganda campuran serta perak dari tunggal putri dan ganda putra. Sebelumnya, bulu tangkis Indonesia menyumbangkan emas dari nomor tim putra.

Atas hasil di Singapura itu, ketua kontingen Indonesia, Taufik Hidayat meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun, pihaknya sangat mengapresiasi perjuangan atlet Indonesia pada kejuaraan dua tahunan yang ke-28 tersebut.

"Hasilnya memang seperti ini. Saya percaya semua atlet yang turun sudah berbuat maksimal. Saya akan bertanggung jawab dan melaporkan hasilnya ke KOI, KONI dan pemerintah," kata Taufik Hidayat saat dikonfirmasi.

Dengan hanya mampu berada diposisi kelima jelas akan menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia. Apalagi Indonesia dihadapkan dengan beberapa kejuaraan yang dituntut untuk disiapkan dengan baik. Salah satu kejuaraan yang harus dipersiapkan dengan baik adalah Asian Games 2015.

Keprihatinan atas prestasi kontingen Indonesia juga disampaikan oleh Ketua KOI Rita Subowo. Menurut dia, apa yang diraih atlet Indonesia sudah maksimal sesuai dengan persiapan yang dilakukan. Untuk itu pihaknya berharap ada dukungan penuh dari pemerintah agar pembinaan atlet kedepannya jauh lebih baik.
"Tentunya kita semua kecewa dengan hasil di Singapura. Untuk itu kami meminta dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah agar memberikan dukungan penuh agar atlet bisa berlatih lebih baik," kata Rita Subowo.

Mantan Ketua Umum KONI Pusat itu menegask, setelah turun di Singapura, evaluasi jelas akan dilakukan secepatnya. Hal ini dilakukan agar persiapan untuk menghadapi kejuaraan berikutnya tidak terlambat. Anggaran besar jelas sangat dibutuhkan.

Setelah semua pertandingan selesai digelar, pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu resmi ditutup. Penutupan kejuaraan dua tahunan itu sendiri dilakukan di Stadion Nasional Singapura dan dilakukan oleh Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam.

Sebelum penutupan, parade kontingen peserta SEA Games. 2015 dilakukan dan mulai dengan peraih medali terbanyak yaitu Thailand. Disusul tuan rumah Singapura, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Filipina, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei dan Timor Leste.

Setelah parade kontingen, pihak panitia penyelenggara juga memperkenalkan orang dibalik suksesnya SEA Games 2015 termasuk para volunteer. Selain itu juga pemberian penghargaan yang salah satunya kepada Menteri Kebudayaan, Masyarakat dan Belia Singapura, Lawrence Wong.

Setelah acara awal selesai termasuk parade perangko yang menceritakan perkembangan Singapura, dilanjutnya beberapa hiburan dan pesta kembang api. Setelah berakhirnya SEA Games 2015 di Singapura, selanjutnya ditunggu SEA Games 2017 di Malaysia.