KPU Sumsel rangkul media sosialisasikan Pilkada

id kpu sumsel, pilkada sumsel, pilkada, komisioner kpu, ahmad naafi, pkpu, media, sosialisasi pilkada, media

KPU Sumsel rangkul media sosialisasikan Pilkada

Komisoner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Ahmad Naafi (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

....jemput bola....
Palembang, 15/6 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan melakukan sosialisasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Musirawas Utara dengan merangkul media massa yang berada di daerah tersebut.

Komisoner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Ahmad Naafi menyampaikan hal itu saat dihubungi di Palembang, Senin, ketika ditanya mengenai tahapan pilkada di tujuh kabupaten di provinsi tersebut.

Menurut dia, silaturahim dan kunjungan kerja ke daerah itu diadakan untuk mempererat hubungan baik dengan media, penguatan kelembagaan KPU dan menyosialisasikan pelaksanaan pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel.

Selain itu, tujuan dilaksanakannya upaya "jemput bola" bersosialisasi kepada media massa di Kabupaten Musirawas, Musirawas Utara dan Kota Lubuk Linggau ini adalah untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program.

KPU meminta peran serta media dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada.

Ia mengatakan, selain mensosialisasikan keempat PKPU, KPU Sumsel juga meminta kehadiran media massa dalam peluncuran Pilkada Kabupaten Musirawas Utara  yang akan dilaksanakan pada Selasa besok (16/6).

"Kita harapkan informasi tentang tahapan, program dan jadwal dapat disampaikan dengan benar dan  menyeluruh kepada masyarakat baik melalui kerja sama liputan maupun program  sosialisasi lainnya," katanya.

Ia menyatakan, sosialisasi dilaksanakan dalam bentuk komunikasi massa kepada pemilih dan komunikasi melalui media cetak dan elektronik dalam bentuk peluncuran, lomba maskot dan sosialisasi per tahapan.

Sementara Komisioner KPU Sumsel Henny Susantih mengatakan, selain menyosialisasikan tahapan pilkada, KPU juga menyosialisasikan maskot Si Batara untuk Kabupaten Musirawas Utara yang merupakan singkatan dari Siap Bangun Musirawas Utara Tetapkan Suara.

Maskot berupa batu tawon asli Musirawas Utara ini sudah beberapa hari terakhir menghiasi spanduk dan baliho sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan di kabupaten tersebut.

Ketua KPU Sumsel H Aspahani mengatakan, semakin KPU netral maka semakin menjamin suksesnya Pilkada di Kabupaten Musirawas Utara.

Aspahani berharap jalinan kerja sama dengan media ini diharapkan menjadi jembatan menuju penguatan lembaga agar lebih baik lagi dan menjadikan lembaga profesionalisme dalam penyelenggaraan pilkada.

KPU Sumatera Selatan yang masih mengambil alih KPU Kabupaten Musirawas Utara ini mensosialisasikan PKPU Nomor 2, 4, 5 dan 9 Tahun 2015 dihadapan pimpinan media massa lokal Musirawas dan Kota Lubuk Linggau.