Pemprov mulai laksanakan pasar murah

id pemprov sumsel, pasar murah, operasi pasar, disperindag sumsel, m permana,

Pemprov mulai laksanakan pasar murah

Ilustrasi - Suasana pembelian paket sembako murah (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mulai melaksanakan pasar murah di enam lokasi dalam menghadapi bulan puasa dan menjelang lebaran mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana di Palembang, Senin mengatakan, pasar murah sudah dilaksanakan dalam menghadapi Ramadhan.

Menurut dia, pihaknya memilih enam lokasi sebagai tempat pelaksanaan pasar murah tersebut di antaranya kawasan Rumah Susun, Tanan Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan halaman SMA PGRI Palembang.

Operasi pasar itu dimulai di Taman Purbakala Kerjaan Sriwijaya bersamaan dengan Festival Sriwijaya.

Dia mengatakan, pasar murah itu antara lain menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, tepung terigu dan telur dengan harga dibawah pasaran.

Pasar murah tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok pada bulan suci bagi ummat Islam, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya memperbanyak pasar murah karena jumlah penduduk di Palembang yang sangat padat.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya membeli bahan pokok danmakanan tersebut dengan bekerja sama dengan pemilik usaha grosiran sembako.

Hal ini dirasakan cukup efektif untuk menekan gerakan spekulan yang berupaya menaikkan harga jelang Ramadhan dan lebaran mendatang, ujar dia.

Memang, lanjut dia, persediaan kebutuhan pokok di daerah ini masih cukup banyak dan pasar murah tersebut tidak lain untuk mengantisipasi lonjakan harga.