Pemkot target pembangunan hotel kawasan Sungai Musi 2016

id hotel, hotel sungai musi

Pemkot target pembangunan hotel kawasan Sungai Musi 2016

Pembangunan hotel di kawasan Sungai Musi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menargetkan pembangunan hotel di kawasan Sungai Musi terealisasi pada 2016 setelah terjalin nota kesepahaman dengan BUMN pengembang pariwisata PT ITDC.

Staf Ahli Bidang Pembangunan, Perekonomian, dan Investasi Pemerintah Kota Palembang, Sudirman Tegoeh di Palembang, Senin, mengatakan, target tersebut untuk mewujudkan rencana pembuatan lokasi wisata sungai pertama di Indonesia dan menunjang peran Sumatera Selatan sebagai tuan rumah ASEAN Games 2018.

Sudirman Tegoeh menambahkan Pemkot dan ITCD dalam waktu dekat akan membuat nota kesepahaman untuk membuktikan keseriusan dalam menggarap kawasan wisata sungai tersebut.

"Setelah ITDC memaparkan Detail Engineering Design beberapa waktu lalu, kemudian dilanjutkan dengan tahapan MoU, ini dapat dijadikan indikator keseriusan untuk menjalankan program wisata sungai pertama di Indonesia," kata dia.

Ia mengemukakan dalam kesepakatan yang secara resmi ditandatangani di Jakarta beberapa waktu lalu antara Plt Wali Kota Palembang dan Direktur Utama PT ITDC dinyatakan kebulatan tekat untuk menggarap kawasan sungai meliputi Pulau Kemaro, Pulokerto, dan Sungai Musi.

"Nantinya, Kota Palembang ini menjadi pionir kota wisata sungai di Indonesia dan ITDC yang akan mengawalnya, mulai dari mencari investor hingga pengajuan dana ke pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur penunjang," kata dia.

Terkait dengan kebutuhan dana, menurutnya PT ITDC yang akan bertanggungjawab karena ranah pemkot sebatas regulasi dan penyediaan lahan.

"Harapannya setelah MoU bisa langsung bergerak sehingga progres pada tahun ini sudah terasa mulai dari perencanaannya," ujar dia.

Mengenai kemampuan PT ITDC dalam merealisasikan rencana ini, menurutnya Pemkot sangat percaya karena BUMN telah berhasil mengawal dua tempat wisata yakni Nusa Dua Bali dan Mandalika Lombok.

"Seperti Mandalika yang telah menerima kucuran dana Rp1,3 triliun untuk pembangunan fasilitas penunjang, begitu pula yang diinginkan Palembang setelah kawasan Sungai Musi digarap," kata dia.

Sebelumnya, dalam paparan DED oleh pejabat PT ITDC di Palembang beberapa waktu lalu diketahui bahwa di dekat Sungai Musi akan dibangun hotel dengan 20 lantai dengan dana sekitar Rp200 miliar.