Palembang borong penghargaan kepedulian lingkungan Adiwiyata

id pemkot palembang, kota palembang, kementerian lingkungan hidup, penghargaan lingkungan hidup, adiwiyata

Palembang borong penghargaan kepedulian lingkungan Adiwiyata

Ilustrasi - Jajaran Pemkot Palembang menerima rombongan pembawa piala Adipura dan Adiwiyata (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....Kota Palembang berhasil mendominasi raihan pemenang hingga 60 persen dari total sekolah penerima Adiwiyata dari seluruh Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang memborong penghargaan kepedulian lingkungan Adiwiyata tingkat provinsi setelah mencatatkan 20 sekolah sebagai pemenang anugrah Kementerian Lingkungan Hidup itu.

Berdasarkan rilis yang diterima Antara di Palembang, Jumat, dinyatakan bahwa 20 sekolah dari wilayah Kota Palembang mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat menerima penghargaan Adiwiyata.

Penghargaan itu diserahkan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia tingkat provinsi di Kabupaten Muara Enim, Rabu (10/6).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, Kota Palembang berhasil mendominasi raihan pemenang hingga 60 persen dari total sekolah penerima Adiwiyata dari seluruh Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan.

"Ke depan, sekolah-sekolah yang sudah berprestasi tingkat provinsi akan didorong meraih Adiwiyata tingkat nasional, yaitu Adiwiyata Mandiri," kata Zulinto.

Ia mengatakan, untuk itu, Pemkot Palembang akan membentuk tim terpadu yang memantau dan mengawasi sekolah-sekolah yang diproyeksikan mengikuti lomba tingkat nasional.

"Jika selama ini dalam pembinaan hanya bersifat fasif dengan memanggil para sekolah, tapi ke depan akan lebih optimal lagi dengan menempatkan satu pembina untuk lima sekolah," kata dia.

Selain memborong penghargaan sekolah Adwiyata, Kota Palembang juga berhasil mendapat peringkat pertama Penyusunan Status Laporan Lingkungan Hidup daerah terbaik.

Program Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.