Calon rektor Unsri akan paparkan visi-misi

id calon rektor, rektor unsri, universitas sriwijaya, unsri, pemilihan rektor, chuzaimah dahlan diem

Calon rektor Unsri akan paparkan visi-misi

Universitas Sriwijaya (FOTO ANTARA)

....Memberikan paparan visi dan misi ini merupakan agenda wajib dalam pemilihan rektor Unsri karena melalui metode ini akan diketahui buah pemikiran dari calon pemimpin universitas....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Lima calon rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) 2015-2019 akan memaparkan visi, misi, serta program kerja pada rapat paripurna senat di Gedung Pascasarjana, Senin (15/6).

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Unsri Chuzaimah Dahlan Diem di Palembang, Jumat, mengatakan, rapat paripurna ini akan dihadiri para pemilik suara, termasuk kalangan internal dan eksternal kampus.

"Memberikan paparan visi dan misi ini merupakan agenda wajib dalam pemilihan rektor Unsri karena melalui metode ini akan diketahui buah pemikiran dari calon pemimpin universitas," kata dia.

Akan tetapi, konsep ini dipandang belum sepenuhnya dapat menilai kualitas dari calon pemimpin sehingga pada pemilihan kali ini akan diusung suatu konsep baru yakni menggelara acara debat.

"Konsep debat ini dimunculkan karena sudah dipakai di beberapa kampus, bahkan negara pun dalam pemilihan presiden juga mengadakan debat sebagai sarana untuk menilai kemampuan seorang pemimpin," kata dia.

Masa jabatan Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Dr Badiah Perizade, MBA, periode 2011-2015, akan berakhir pada November nanti.

Sebanyak lima bakal calon rektor Unsri sudah ditetapkan panitia untuk mengikuti proses pemilihan yakni Prof Amzulian Rifai, SH, LLM, PhD (Fakultas Hukum), Prof Dr Ir Anis Saggaf, MSCE, (Fakultas Ekonomi), Dr agr Ir Erizal Sodikin (Fakultas Pertanian), Prof Dr Slamet Widodo MS, MM, (Fakultas ISIP), dan Prof Dr dr Yuwono M. Biomed (Fakultas Kedokteran).

Pemilihan rektor Unsri yang bakal menggantikan Badiah Parizade (sudah dua periode) ini direncanakan pada 29-1 Juli 2015 dalam rapat senat terbuka.

"Proses pemilihan rektor kali ini cukup panjang karena panitia ingin benar-benar transfaran dan demokratis," kata dia.

Hak suara pemilihan rektor Unsri dimiliki oleh anggota senat dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan pembagianm asing-masing, anggota senat Unsri (80 orang) sebesar 65 persen dan 35 persen keputusan dari Kemenristek-Dikti.