Diknas imbau sekolah ikutkan siswa dalam PKS

id diknas musirawas, kepala diknas musirawas, sukamto, dinas pendidikan nasional, siswa, sekolah, pks, patroli keamanan sekolah

Diknas imbau sekolah ikutkan siswa dalam PKS

Siswa SMU Palembang konvoi rayakan kelulusan UN (FOTO ANTARA)

....Selama ini banyak generasi muda ugal-ugalan dalam berlalu lintas menggunakan kendaraan di jalan raya, sehingga menimbulkan banyak korban jiwa, dengan adanya program PKS itu salah satu menyadarkan generasi muda dalam berkendaraan khususnya jenis s
Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, mengimbau kepada seluruh sekolah agar mengikutkan siswanya dalam program Patroli Keamanan Sekolah yang dibina langsung jajaran Polres setempat.

Program Patroli Keamanan Sekolah (PKS) itu di samping meningkatkan disiplin secara pribadi juga kesadaran berlalu lintas bagi generasi muda sekaligus menjadi contoh masyarakat kurang disiplin, kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Musirawas Sukamto, Selasa.

"Saya sangat menganjurkan sekolah-sekolah mengikut sertakan anak didiknya dalam program tersebut, karena hasilnya sangat positif bagi masa depan generasi muda," katanya.

Selama ini banyak generasi muda ugal-ugalan dalam berlalu lintas menggunakan kendaraan di jalan raya, sehingga menimbulkan banyak korban jiwa, dengan adanya program PKS itu salah satu menyadarkan generasi muda dalam berkendaraan khususnya jenis sepeda motor.

Apa lagi PKS binaan Polres Musirawas mendapatkan ranking terbaik di jajaran Polda Sumatera Selatan pada acara Kapolda Sumsel Cup 2015 pekan lalu, hal itu memicu minat sekolah untuk bergabung pada program tersebut, ujarnya.

Kapolres Musirawas AKBP Nurhadi Handayani membenarkan bahwa PKS binaannya mendapat juara pertama setelah menyisihkan utusan dari lima polres lainnya di jajaran Polda Sumsel.

"Kita punya gerakan yang tidak dimiliki peserta lainnya, selain gerakan, kekompakan, formasi, semangat dan gerakan peraturan baris berbaris (PBB) lainnya, kita juga menampilkan keahlian siswi PKS, yaitu tari daerah campuran saat pelaksanaan kegiatan," ujarnya.

Selesai buat formasi PBB, langsung bentuk formasi tari dan salah satu siswi melaksanakan tarian, mungkin ini salah satu kelebihannya, sehingga tim PKS Polres Musirawas meraih juara pertama dalam acara tersebut.

Ia mengatakan, untuk meraih juara pertama tersebut, pihak Polres Musirawas selaku pembina PKS, melatih para siswa secara rutin dua kali seminggu dalam kurun waktu sekitar tiga bulan.

Selain melatih ketrampilan baris berbaris, juga disiplin, sehingga para pelajar yang tergabung dalam PKS itu bisa menjadi contoh bagi pelajar lainnya, khususnya dalam kesadaran dalam berlalulintas.

Ia mengharapkan, masing-masing sekolah di Musirawas bisa menciptakan bibit-bibit baru yang ikut PKS tersebut, karena saat ini baru beberapa sekolah ikut dalam program itu antara lain SMAN 1 dan 2 Muarabeliti, SMA Babussalam Kecamatan Tuahnegeri dan SMA YPBI Tugumulyo.