KAI lakukan pemeliharaan kereta jelang lebaran

id kai, pt kai, kereta api indonesia, kereta api, pemeliharaan kereta, lokomotif, angkutan lebaran

KAI lakukan pemeliharaan kereta jelang lebaran

Bengkel lokomotif (FOTO ANTARA)

Palembang, 8/6 (Antara) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional III Sumatera Selatan mulai melakukan pemeliharaan kereta api penumpang lebih awal menjelang pelaksanaan angkutan penumpang lebaran tahun 2015.

Pemeliharaan di Dipo PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divisi Regional III Sumatera Selatan itu antara lain dimulai dari lokomotif hingga gerbong penumpang baik dari sisi kepentingan kenyamanan hingga tingkat keselamatan yang ditargetkan selesai minggu kedua Juni 2015, kata Supervisor Perencanaan Dipo Kertapati, Ferry Fadli di Palembang, Senin.

Petugas Dipo bagian pemeliharaan serta perawatan kereta api PT KAI Divre III Sumsel yang berlokasi di Kertapati Palembang ini mulai melakukan perbaikan dan perawatan kereta penumpang lebih awal menyongsong arus mudik lebaran dimulai pertengahan Juli mendatang.

Menurut dia, sejumlah lokomotif yang masuk ke Dipo mulai dilakukan perbaikan dan perawatan secara berkala dengan asumsi usia pakai kereta akan lebih optimal, karena dikerjakan oleh tangan para mekanik handal dan berpengalaman mulai dari bagian mesin, roda, rantai penghubung hingga penggantian rem yang kemungkinan telah aus.

Sedangkan di bagian gerbong kereta penumpang, para mekanik di Dipo lebih memfokuskan ke sisi pelayanan serta kenyamanan penumpang, mulai dari perbaikan AC hingga mengganti televisi LED di dalam gerbong demi kenyamanan calon penumpang mudik lebaran, katanya.

Asisten Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel, Asperen, mengatakan bahwa pengerjaan perbaikan dan perawatan kereta tersebut menjadi rutinitas pihak perusahaan, sehingga keselamatan dan kenyamanan calon penumpang terjamin.

Ia berharap, dengan percepatan pemeliharaan maupun perawatan terhadap lokomotif dan gerbong dimiliki perusahaan itu, akan menjadi kenyamanan tersendiri bagi para calon penumpang yang memanfaatkan jasa angkutan kereta api.

Selain memastikan tingkat keamanan dan kenyamanan yang telah disiapkan, pihak PT KAI juga berupaya memaksimalkan semua pelayanan guna menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, katanya.