PU: Pembangunan duplikat jembatan Sungai Lilin 2015

id jembatan, infrastruktur

PU: Pembangunan duplikat jembatan Sungai Lilin 2015

Ilustrasi--Jembatan layang di Baturaja, OKU amblas terancam ambruk (Foto Antarasumsel.com/13/E Permana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan duplikat Jembatan Sungai Lilin ditargetkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terlaksana pada 2015.
     
Ketua Tim Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Selatan Iskandar di Sekayu, Minggu, mengatakan pemerintah menargetkan pemasangan tiang pancang jembatan tersebut pada pertengahan tahun ini.           
     
"Jembatan ini dipercepat realisasinya untuk memicu percepatan pembangunan di dua kecamatan yang ada di Musi Banyuasin," kata dia.
     
Untuk mempercepat pembangunan jembatan ini, pemerintah kabupaten akan menggejot pembebasan lahan di kawasan Sungai Lilin dan Kecamatan Lalan sejak awal tahun.
     
"Saat ini dalam proses, dan semua tahu bahwa persoalan pembebasan lahan ini bukan perkara mudah," kata dia.
     
Ia mengatakan, pemerintah gencar membangun infrastruktur di Musi Banyuasin untuk menumbuhkan sektor ekonomi dalam mendorong kemajuan di suatu daerah tersebut.
     
"Dalam hal ini pemerintah memiliki program yakni membangun jalan yang berkelanjutan untuk mobilitas, aksesibilitas dan menjamin keselamatan," kata dia.
     
Terkait dengan biaya pembangunan duplikasi jembatan ini, menurutnya, pemerintah akan menggunakan dana APBN 2015 dan 2016. 
     
Sementara dari pemkab berperan dalam sosialisasi tentang pembebasan lahan tersebut.
     
"Semoga saja tidak ada halangan lagi, dan secepatnya ada pemancangan tiang," kata dia.