Pusri siap menyerap hasil panen petani

id pt pusri, padi, panen, petani, tanaman padi, tanaman pangan, gabah, beras, bulog

Pusri siap menyerap hasil panen petani

Ilustrasi- petani panen padi (FOTO ANTARA)

....Penyerapan hasil panen petani tersebut dilakukan untuk mencegah anjloknya harga gabah dan beras saat musim panen dan membantu petani menjual hasil panen dengan harga yang baik....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Perusahaan pupuk berkantor pusat di Kota Palembang Perseroan Terbatas Pupuk Sriwidjaja siap menyerap hasil panen petani padi atau tanaman pangan di Provinsi Sumatera Selatan dan beberapa wilayah kerja lainnya.

Penyerapan hasil panen petani tersebut dilakukan untuk mencegah anjloknya harga gabah dan beras saat musim panen dan membantu petani menjual hasil panen dengan harga yang baik, kata Sekretaris PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Zain Ismed di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan untuk melakukan penyerapan hasil panen petani itu, saat ini pihaknya telah membentuk tim satuan tugas (satgas) pembelian gabah/beras.

Tim satgas tersebut sekarang ini diturunkan ke sentra produksi pertanian tanaman pangan untuk melakukan pembelian gabah/beras secara langsung ke petani maupun kelompok tani.

"Selain membentuk satgas khusus, untuk memaksimalkan penyerapan hasil panen petani, kami juga berkoordinasi dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) yang memiliki pengalaman dan fasilitas gudang yang memadai," ujarnya.

Menurut dia, PT Pusri sejak beberapa tahun terakhir ditunjuk pemerintah sebagai salah satu pelaksana program gerakan peningkatan produksi pangan berbasis korporasi (GP3K).

Dengan adanya program GP3K itu, produktivitas hasil pertanian meningkat dari rata-rata sebelumnya hanya 4,6 ton gabah kering giling per hektare-nya mencapai hingga tujuh ton per ha

Setelah cukup sukses membantu peningkatan produksi petani, pada tahun ini PT Pusri diinstruksikan Kementrian BUMN untuk membeli gabah petani mengingat target penyerapan hasil panen petani yang dipatok pemerintah cukup besar, kata Ismed.