KAI Sumsel jamin tiket kelas ekonomi tersedia

id kai, jamin kelas ekonomi tersedia

KAI Sumsel jamin tiket kelas ekonomi tersedia

PT KAI Divre III Sumsel (Foto: antarasumsel.com/Evan)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumatera Selatan menjamin tiket kereta khusus kelas ekonomi masih tersedia, karena hingga saat ini belum banyak terjual.

Asisten Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divisi Regional III Sumsel Asperen di Palembang, Kamis, mengatakan bahwa dari data penjualan khusus tiket kereta kelas ekonomi menjelang mudik Lebaran, masih banyak tersedia.

Khusus penjualan tiket kelas ekonomi hanya sejak tiga hari menjelang hingga sehari sebelum Lebaran saja yang cukup banyak terjual, hanya tersisa sekitar 50 hingga 70 tiket dari kuota 530 tempat duduk.

Ia mencontohkan kereta Serelo tujuan Kertapati ke Lubuklinggau dan Ekspres Rajabasa Kertapati tujuan Tanjung Karang (Lampung) khusus kelas ekonomi dari 530 tiket per kereta, yang sudah dipesan hanya terjadi tiga hari hingga sehari menjelang Lebaran.

Mulai 10 hingga 25 Juli masih cukup banyak tiket yang belum terjual, di mana PT KAI telah mempersiapkan tiket perjalanan sekitar 6.000 tempat duduk guna melayani masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik Idul Fitri mendatang.

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan tiket kereta api, pihak perusahaan telah menyediakan fasilitas pembelian melalui sistem dalam jaringan, penjualan melalui agen, maupun beberapa tempat di pasar modern di Kota Palembang.

PT KAI Divisi Regional III mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dan terpancing akan informasi yang beredar seperti di beberapa daerah di luar Sumatera, bahwa tiket sudah habis, karena dari sisi jumlah tiket perjalanan kelas ekonomi, masih cukup banyak yang belum terjual.

Selain itu, pihak perusahaan juga telah mempersiapkan tambahan alokasi tiket jika memang terjadi lonjakan penumpang sekitar 20 persen, di mana saat ini telah dilakukan penambahan empat unit gerbong yang sudah mulai berjalan guna memperlancar arus mudik Lebaran.

Ny, Rustina (47), warga Kelurahan 7 Ulu, mengaku senang melakukan perjalanan dengan kereta api, karena fasilitas tersedia jauh berbeda dari kondisi beberapa tahun lalu.

"Kalau beberapa tahun lalu naik kereta api dari Kertapati tujuan Baturaja selama dalam perjalanan sangat tidak nyaman, karena di samping kereta tidak dilengkapi fasilitas alat pendingin, juga para penumpang berdesakan," katanya.

Belum lagi, selama dalam perjalanan, di setiap stasiun pemberhentian, para pedagang seenaknya menjajakan dagangannnya, baik di atas kereta maupun di lingkungan stasiun.

Berbeda dengan kondisi sekarang, keretanya sudah dilengkapi fasilitas alat pendingin ruangan, para penumpang tidak diperbolehkan melebihi dari jumlah tempat duduk yang artinya tidak akan ada penumpang yang berdiri selama dalam perjalanan.

Di samping itu, kondisi kereta yang bersih dan tempat pembuangan air kecil terjaga bersih serta para pedagang tidak diperbolehkan berjualan di lingkungan stasiun, apa lagi di atas kereta.

"Sehingga selama dalam perjalanan merasa aman dan nyaman," katanya.