Puan Maharani hadiri peluncuran songket budaya Sumsel

id puan maharani, songket, budaya sumsel, kepala disperindag sumsel, permana, pemprov sumsel, sumatera selatan

Puan Maharani hadiri peluncuran songket budaya Sumsel

Ilustrasi - Songket (Foto antarasumsel.com/Dolly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani direncanakan menghadiri peluncuran songket sebagai warisan budaya Sumatera Selatan di Palembang pada akhir Juli 2015.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana usai rapat persiapan peluncuran songket sebagai warisan budaya di Palembang, Rabu, mengatakan peluncuran songket sebagai warisan budaya Sumsel itu akan dihadiri menteri karena pihaknya telah memberikan undangan.

Mudah-mudahan Menko tidak berhalangan dan menghadiri acara peluncuran songket sebagai warisan budaya Sumsel sehingga lebih menarik, kata dia.

Dalam peluncuran tersebut akan ditampilkan berbagai songket beserta para pengrajin khas Sumsel itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu sekitar 1.000 pengguna songket akan menghadiri peluncuran tersebut ditambah para wanita dalam dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Nantinya, wanita termasuk utusan pelajar akan menggunakan songket dalam peluncuran warisan budaya Sumsel tersebut.

"Yang jelas acara tersebut untuk memotivasi pengrajin songket sehingga industri di daerah ini semakin berkembang," kata dia.

Sementara Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan songket sebagai warisan budaya Sumsel.

"Jadi, dengan kehadiran Menko nantinya agar songket ini bisa membudaya seperti batik yang bisa dipakai oleh semua kalangan," ujar dia.

Menurut dia, acara tersebut memang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.