Bujang Gadis Palembang jadi duta pariwisata

id bujang gadis, duta pariwisata

Bujang Gadis Palembang jadi duta pariwisata

Bujang Gadis Palembang (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemilihan Bujang Gadis Palembang menjadi salah satu cara menanamkan kecintaan budaya wisata yang nantnya akan menjadi Duta Pariwisata, untuk diberi tugas mempromosikan wisata budaya kota tersebut.

Perwakilan bujang gadis itu tidak hanya memiliki paras yang cantik dan menawan, tetapi juga piawai berlenggok di atas panggung, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang, Yanurpan Yany, Minggu.

Dijelaskannya, sebanyak 26 finalis bujang gadis Palembang dinilai kecakapan mereka seputar pengetahuan umum, bahasa Inggris serta adat budaya serta sejarah kota setempat.

Menurut dia, pada malam grand final pemilihan bujang gadis Palembang tahun 2015 itu berlangsung di salah satu hotel berbintang di kota tersebut, Senin (1/6) malam.

Ia mengatakan, para calon bujang gadis Palembang itu sebelumnya telah dilakukan seleksi yang cukup ketat dengan hasil menyingkirkan 217 peserta.

Peserta ajang pemilihan duta wisata Kota Palembang itu, nantinya akan bertugas mempromosikan wisata budaya baik di dalam maupun ke luar negeri.

"Mereka akan saya programkan dan dibina sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Palembang dengan kebijakan yang ada agar lebih tahu dalam pempromosikan kota tersebut," katanya.

Tim juri, Ali Hanafiah yang juga budayawan Palembang menetapkan Gumilar Aditiya dan Berliana Permata Sari menjadi Bujang Gadis Palembang ke-28 tahun 2015 dan berhak memboyong hadiah uang tunai Rp3.000.000.

Menurut Gumilar, ia merasa senang dan bangga karena mendapat kepercayaan menjadi Bujang Palembang 2015, ini merupakan suatu kepercayaan yang luar biasa dari pihak panitia dan Pemerintah Kota Palembang.

Lebih lanjut Yanurpan mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain menjadi ajang silahturahim dan kebersamaan para alumni Bujang Gadis yang dinaungi oleh Yayasan Bujang Gadis Palembang ini, juga menjadi kesempatan untuk mengenalkan serta menumbuhkan rasa memiliki kepada generasi muda nantinya diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mempromosikan kebudayaan dan wisata setempat.