Wolfburg juara Piala Jerman setelah kalahkan Dortmund

id vfl wolfsburg, borussia dortmund, piala jerman, final, juarastadion olympic, juergen klopp

Wolfburg juara Piala Jerman setelah kalahkan Dortmund

Wolfsburg (Reuters)

Berlin, (ANTARA/Reuters) - VfL Wolfsburg mencetak tiga gol dalam 16 menit untuk bangkit dari tertinggal satu gol, untuk menang 3-1 atas Borussia Dortmund pada Sabtu dan mendaratkan kemenangan perdana mereka di final Piala Jerman, yang sangat cocok setelah tim ini menjalani musim yang cukup sukses.

Wolves, yang finis di urutan kedua di Liga Jerman, kemasukan terlebih dahulu ketika Dortmund membuka keunggulan pada menit kelima di Stadion Olympic yang bermandikan matahari, arena final Liga Champions pekan depan antara Barcelona dan Juventus.

Dortmund, di final keempat mereka sejak 2008 dan berharap dapat memberi kemenangan sebagai perpisahan kepada pelatih Juergen Klopp, mendapatkan start impian ketika Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol melalui sepakan voli menyusul sepakan cungkil dari Shinji Kagawa.

Kiper Mitch Langerak menggagalkan upaya Wolfsburg untuk segera menyamakan kedudukan, dengan menepis tembakan Ivan Perisic, namun ia tidak dapat berbuat apa-apa ketika Luis Gustavo menyambar bola pantul setelah kiper Australia itu menahan tendangan bebas Naldo pada menit ke-22.

Kevin De Bruyne, pemain terbaik Wolfsburg sepanjang musim ini dengan koleksi sepuluh gol di liga dan 20 assist, mengukir gol pertamanya di Piala Jerman pada menit ke-33 dan sebelum Dortmund mampu bangkit, tandukan Bas Dost lima menit kemudian mengubah skor menjadi 3-1.

Sekitar 130.000 penggemar Dortmund mendatangi ibukota, namun hanya ada sekitar 50.000 orang di antara mereka yang bertahan di stadion pada babak kedua.

Justru Wolfsburg yang terlihat berbahaya pada situasi-situasi serangan balik, yang membuat Klopp mengecap akhir pahit dari tujuh tahun penuh kesuksesannya di Dortmund, yang mencakup dua gelar liga, dua Piala Super Jerman, Piala Super Jerman, dan final Liga Champions pada 2013.

Bagi Wolfsburg, yang disokong produsen mobil Volkswagen, ini merupakan trofi pertama mereka sejak menjuarai Liga Jerman pada 2009 dan didapat 20 tahun setelah satu-satunya penampilan mereka sebelumnya di final Piala Jerman. (Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)