Disperindag: Pasar Sumsel bebas beras plastik

id permana, kadisperindag sumsel

Disperindag: Pasar Sumsel bebas beras plastik

Kadisperindag Sumsel Permana (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan meyakini bahwa pasar di daerah itu bebas dari peredaran beras plastik, karena berdasarkan hasil uji laboratorium, beras yang beredar ternyata bebas dari bahan plastik.

"Kami melakukan pengawasan dan pengujian sampel beras yang beredar di pasar, hasilnya semua jenis salah satu barang kebutuhan pokok itu bebas dari bahan plastik," kata Kepala Disperindag Sumsel M Permana di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pengawasan sampel beras terus dilakukan di sejumlah pasar oleh Disperindag dimualai dari tanggal 12 hingga 26 Mei 2015 belum menemukan beras plastik.

Sebanyak 16 merek beras yang terhimpun dari pasar di antaranya beras cap jin, broken, selincah, oke, BCD, koki, gitan, arjuna, koki ramos, patin, dan selancar dinyatakan bersih.

Perusahaan pendistribusi beras yang mengirim ke sumsel juga tidak luput dari pengawasan Disperindag.

"Sejumlah supermarket juga sudah diperiksa," ungkap dia.

Laporan yang masuk dari kabupaten dan kota menunjukkan ketiadaan beras berbahan plastik yang cukup meresahkan masyarakat itu.

Perihal penemuan beras plastik di Pasar Kuto Palembang, pihaknya menyerahkan kepada kepolisian yang memeriksa dan melakukan pengujian pada beras beredar.

Ia mengimbau masyarakat di Sumatera Selatan agar dapat melaporkan bila ditemukan adanya beras plastik di pasaran.

Ia berharap, konsumen untuk lebih cerdas, cermat, dan kritis mengamati segala macam kejanggalan di pasar.