Bawaslu segera umumkan calon panwaslu Muratara

id banwaslu, pilkada, kpu, panwaslu, dana pilkada, musirawas utara, muratara

Bawaslu segera umumkan calon panwaslu Muratara

Ilustrasi - Pelantikan Panwaslu Kabupaten dan Kota se-Sumatera Selatan, Jumat (23/11). (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Musirawas Utara, (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilihan umum Sumatera selatan, akan mengumumkan calon pengawas pemilihan umum Kabupaten Musirawas Utara karena sudah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil tes wawancara oleh tim seleksi calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Kabupaten Musirawas Utara para calon yang lulus akan diumumkan secepatnya, kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya melalui Divisi Pelanggaran Zulfikar, Jumat.

Ia mengatakan Bawaslu telah selesai menggelar uji kelayakan dan kepatutan bagi Pawaslu Musirawas Utara tersebut awal pekan lalu.

Untuk pengumuman tiga nama yang terpilih melalui media massa namun saat ini belum bisa dijelaskan karena masih dirahasiakan panitia pemilihan.

Rencananya pengumuman nama-nama anggota Panwaslu terpilih itu dilakukan siang ini dan disebar luaskan melalui media dan Website Bawaslu ke seluruh wilayah Sumsel.

Setelah tiga nama panwaslu itu diumumkan langsung dilakukan persiapan pelantikan untuk mengejar tahapan Pilkada yang telah berjalan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel.

Pejabat Bupati Musirawas Utara Agus Yudiantoro mengatakan bila anggota Panwaslu sudah dilantik maka tahapan pilkada secepatnya dilakukan mengingat waktu terus berjalan hingga pelaksanaan Desember 2015.

Ia mengatakan pemerintah daerah telah menganggarkan dana Pilkada itu sebesar Rp25 miliar, di luar dana keamanan dan panitia pengawas pemilihan umum.

Anggaran Pilkada serentak sebesar itu sudah disepakati bersama dengan KPU Provinsi Sumsel dan diambil dari APBD Perubahan 2015 sesuai naskah nota perjanjian hibah daerah yang sudah ditandatangani pekan lalu antara Pemkab Musirawas Utara dengan KPU Sumatera Selatan sebagai penyelenggara Pilkada 2015.

KPU Provinsi Sumatera Selatan menjadi penyelenggara Pilkada Bupati dan wakil bupati definitif Musirawas Utara karena KPU kabupaten pemekaran itu belum terbentuk, sedangkan KPU kabupaten induk (Musirawas) juga akan menggelar Pilkada 2015, ujarnya.