Musirawas Utara anggarkan dana pilkada Rp25 miliar

id pilkada, pilkada muratara, anggaran dana, kpu, panwaslu, bawaslu , muratara

Musirawas Utara anggarkan dana pilkada Rp25 miliar

Logo Pemkab Musi Rawas Utara (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Musirawas Utara, (ANATARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, telah menganggarkan dana untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah sebesar Rp25 miliar, di luar kebutuhan dana keamanan dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum.

Anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak sebesar itu sudah disepakati bersama dengan KPU Provinsi Sumsel dan diambil dari APBD Prubahan 2015, kata Penjabat Bupati Musirawas Utara H AgusYudiantoro, Kamis.

Ia mengatakan anggaran untuk pilkada sudah clear dan naskah Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah ditandatangani pekan lalu antara Pemkab Musirawas Utara dengan KPU Provinsi Sumatera selatan sebagai penyelenggara Pilkada 2015.

KPU Provinsi Sumatera Selatan menjadi penyelenggara Pilkada bupati-wakil bupati Musirawas Utara karena KPU kabupaten pemekaran itu belum terbentuk, sedangkan KPU kabupaten induk juga akan menggelar Pilkada 2015.

Anggaran Pilkada serentak itu juga akan dibantu dari Provinsi, kabupaten induk Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara juga sudah menganggarkan dana penunjang seperti untuk keamanan dan pengawas pemilu.

"Kalau dari Musirawas Utara saat ini sudah siap Rp1,5 miliar dari Rp10 miliar yang dibutuhkan untuk keamanan serta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)," ujarnya.

Dana bantuan dari Provinsi Sumsel dan kabupaten induk masing-masing Rp5 miliar dan khusus dana plafonnya Rp25 miliar, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 2015 di wilayah itu diharapkan berjalan lancar.

"Kami mengharapkan pelaksanaan Pilkada 2015 di wilayah itu berjalan sesuai harapan, hal itu diyakini karena telah ada pengurus dalam struktur tahapan seperti Bawaslu dan terbentuknya Sekretariat KPU daerah itu," jelasnya.