Polres siap amankan Pilkada 2015

id polres, kapolres oku

Polres siap amankan Pilkada 2015

Polres OKU (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan nyatakan siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung pada Desember 2015.

"Kami sudah meminta kepada Polda Sumsel minimal satu kompi Brimob siaga selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan telah merancang persiapan keamanan selama tahapan pelaksanaan pesta demokrasi mendatang," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Dover Kristian di Baturaja, Kamis.

Selain itu, kata dia, jika memang memungkinkan pihaknya akan meminta satuan Shabara Polda Sumsel membantu pengamanan wilayah OKU mengantisipasi terjadinya kerusuhan.

Dikemukakannya, saat ini pihaknya melakukan simulasi menempatkan satu personel kepolisian mengamankan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibantu empat anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

"Namun jika nanti status kerawanan TPS meningkat, pola akan kami ubah dengan menempatkan satu anggota mengamankan satu TPS dan dua Linmas. Kita lihat dulu perkembangan," jelasnya.

Bahkan kata Kapolres, pihaknya akan meminta bantuan anggota TNI guna memberikan pengamanan di lokasi pencoblosan mengingat di wilayah itu terdapat sebanyak 718 TPS yang tersebar di 12 kecamatan.

"Sebanyak satu pleton anggota TNI akan disiagakan membantu selama Pilkada. Untuk jumlah pastinya akan kami laporkan setelah rapat akhir di Polda Sumsel," jelasnya.

Ia mengimbau, masyarakat turut berpartisipasi mensukseskan jalannya pesta demokrasi tersebut dengan melaporkan ke kantor polisi terdekat jika mendapat atau melihat kejadian yang dianggap janggal.

"Laporkan segera dan akan langsung kami tindak demi keamanan dan kenyaman bersama," tegasnya.