Pemprov-Kemenhub kerja sama operasikan KA perintis

id pemprov sumsel, kemenhub, rel kereta api, kereta api, sekda sumsel

Pemprov-Kemenhub kerja sama operasikan KA perintis

Ilustrasi - Kereta api (ANTARA FOTO)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjalin kerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk mengoperasikan angkutan kereta api perintis.

Kerja sama itu telah ditandatangi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu.

Sekretaris Daerah Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, kerja sama tersebut guna meningkatkan pelayanan angkutan kereta api khususnya di Sumatera Selatan. 

Selain itu juga memaksimalkan transportasi massal menuju Indralaya Kabupaten Ogan Ilir sebab itu akan menjadi jalurnya nanti, ujar dia.

Untuk menunjang perekonomian masyarakat perlu sarana transportasi di daerah ini dan penumpang semakin lancar, ujar dia. 

Sementara Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto D mengatakan, dasar penyelenggaraan kereta api perintis lintas Kertapati Palembang-Inderalaya Ogan Ilir sesuai keputusan Menteri Perhubungan. 

Mengenai jarak nanti, katanya, berkisar sepanjang 25,8 kilometer dengan jadwal pemberangkatan dua kali sehari.

Lebih lanjut dia mengatakan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat menjadi payung hukum untuk melaksanakan subsidi angkutan kereta api.

Selain itu juga dapat mendorong roda perekonomian masyarakat sekaligus mempelancar angkutan mahasiswa ke Kampus Universitas Sriwijaya di Inderalaya, tambah dia.