Lulusan perguruan tinggi harus mampu jadi "job creator"

id lulusan prguruan tinggi, perguruan tinggi, lulusan, job creator, ciptakan lapangan pekerjaan

...Saat ini mayoritas sarjana, ketika lulus kuliah langsung berburu pekerjaan, padahal tidak semua sarjana harus mencari pekerjaan, tapi bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri...
Pariaman (ANTARA Sumsel) - Lulusan Perguruan Tinggi (PT) harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan (job creator), bukan hanya mampu mencari pekerjaan (job seeker), kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Muslim Kasim, dihadapan 102 orang sarjana jurusan ekonomi dan akuntansi STIE Sumbar Pariaman, Rabu.
        
Menurutnya saat ini mayoritas sarjana, ketika lulus kuliah langsung berburu pekerjaan, padahal tidak semua sarjana harus mencari pekerjaan, tapi bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
        
"Dengan membangun usaha sendiri, kita juga dapat membantu orang lain yang sedang mencari pekerjaan dengan memberikan posisi yang tepat," katanya.
        
Selain itu, lembaga pendidikan menurut dia juga harus terus berbenah agar bisa menghasilkan lulusan berkualitas.
       
"Dengan lulusan berkualitas dan berorientasi pada job creator, lapangan pekerjaan akan semakin terbuka," katanya.
        
Kasim menilai, seorang sarjana memiliki nilai lebih dalam membuka peluang usaha, karena telah mendapatkan satu ilmu yang lebih dibandingkan dengan pelaku usaha yang bukan dari lulusan sarjana.
        
Salah satu kunci dalam keberhasilan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan persaingan, yaitu setiap sarjana harus mampu memacu kreativitas dan inisiatif, bekerja dengan tekun dan yakin, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal," ujarnya.
        
Dia mengatakan, persentase jumlah pelaku usaha muda di Indonesia masih sangat kecil sekali, sekitar 0,14 persen dari seluruh jumlah penduduk. Jumlah itu jauh tertinggal bila dibandingkan dengan Singapura yang berada pada angka 2-4 persen dari jumlah penduduknya.
        
"Ke depan diharapkan, jumlah pelaku usaha ini, terutama di Sumbar akan terus meningkat," katanya.
        
Sementara itu, Wali kota Pariaman, Mukhlis Rahman mengatakan banyaknya sarjana yang lulus dari universitas seharusnya berbanding lurus dengan semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
        
"Mahasiswa yang telah lulus ini tentu akan bekerja dalam berbagai bidang sehingga akan mampu menyokong pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.