Atlet Muara Enim dan Palembang rebut emas

id porprov, takraw, muara enim, palembang

Lubuklinggau (ANTARASumsel) - Atlet cabang olahraga sepak takraw dari Kabupaten Muara Enim dan Kota Palembang merebut mendali emas pertama dalam laga Pekan Olah Raga Provinsi Sumatera Selatan X di Lubuklinggau 2015.

Pada Cabang Olahraga (Cabor) sepak takraw yang digelar sejak Rabu (20/5) itu atlet dari Kabupaten Muara Enim dan Kota Palembang berhasil merebut mendali emas, kata Panitia Porprov Sumsel X Yayan, Senin.

Ia menjelaskan pertandingan cabor sepak takraw yang digelar di Gedung Beladiri Petanang Sport Center itu, tim kategori putra Kota Palembang lebih dulu mendapat mendali emas, sedangkan tim Muara Enim mendapat perak dan tim Ogan Komering ulu (OKU) serta Kabupaen Lahan hanya mendapat perunggu.

Untuk tim putri Kota Palembang juga berhasil menyabet mendali emas, dan mendali perak direbut atelt dari Musibanyu Asin (Muba) dan mendali perunggu diraih atlet Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Muara Enim.

Sedangkan pada pertandingan Cabang Regu Putra, Medali Emas diraih Tim Kabupaten Muara Enim, pada posisi kedua mendapatkan medali perak Tim Kabupaten OKU dan medali perunggu diberikan Tim OKI dan Tim tuan rumah Kota Lubuklinggau.

Selanjutnya tim beregu putri sempat berjalan alot karena pertandingan awalnya dimenangkan tim beregu Putri Ogan Ilir (OI), namun mereka kalah dalam penentuan jauara karena selisih set yang dimenangkan oleh tim beregu putri Kabupaten Muara Enim.

"Pada pertandingan itu kita gunakan sistem setengah kompetisi,  sistem ini diikuti lima daerah dan bermain masing-masing empat kali," ujarnya.

Ketua Bidang pertandingan cabor Takraw Supriyanto mengatakan kebetulan nilai Muara Enim main empat kali menang tiga kali mendapatkan nilai enam, sama halnya dengan OI yang juga mendapatkan nilai enam.

Namun penentuan juara, dinilai juri dari selisih set yang dimenangkan oleh Muara Enim, penentuan pemenang itu tidak bisa diprotes lagi karena sudah aturan main.

Dari hasil tersebut, maka Kabupaten Muara Enim berhak mendapatkan dua medali emas sekaligus dari Cabor Takraw dengan kategori beregu putra dan beregu putri, jelasnya.