Peserta "Young Leader": Dibutuhkan ribuan pengusaha muda

id young leader, pengusaha, koperasi, umkm, puteri anetta komarudin

Peserta "Young Leader": Dibutuhkan ribuan pengusaha muda

Salah satu pengusaha UKM (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Dari penelitian yang ada, jika dihitung Indonesia kekurangan para pengusaha muda dan profesional hingga 60 ribu orang sampai 2030 nanti jika ingin menjadi tujuh negara besar di dunia....
Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Peserta 'The Young Leader for Indonesia 2015',  Puteri Anetta Komarudin mengatakan diperlukan setidaknya 60.000  pengusaha dan profesional muda hingga 2030 agar Indonesia bisa menjadi tujuh negara besar di dunia.

"Dari penelitian yang ada, jika dihitung Indonesia kekurangan para pengusaha muda dan profesional hingga 60 ribu orang sampai 2030 nanti jika ingin menjadi tujuh negara besar di dunia," kata  peserta "The Young Leader for Indonesia 2015",  Puteri Anetta Komarudin di Jakarta, Senin.  

Menurut Puteri yang saat ini juga sebagai Ketua Departemen Media dan Informasi Persatuan Pelajar Indonesia Australia, mengatakan peningkatan kualitas generasi muda Indonesia sangat penting agar Indonesia juga siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Karena itu tambah Puteri, tidak ada salahnya jika generasi muda bisa didorong untuk meningkatkan kapasitasnya. Puteri yang saat ini sedang menimba ilmu di jurusan ekonomi keuangan Melbourn University semester akhir ini, merupakan salah satu dari 60 generasi muda Indonesia yang terpilih.

Dia melihat Indonesia memiliki banyak peluang dan potensi yang bisa terus dikembangkan.

"Salah satunya pengembangan UMKM. Hanya sayangnya UMKM di Indonesia masih banyak terkendala soal manajemen, pemasaran maupun pengaturan keuangan masih belum digarap dengan baik," kata Puteri.

Puteri yakin, jika UMKM bisa digarap dan dibina dengan serius maka akan bisa menjadi soko guru perekonomian di Indonesia.

"Produk UMKM harus ada yang benar menjual, bukan sekadar produk biasa-biasa saja," katanya.

Dalam waktu dekat, dia akan segera merealisasikan keinginannya guna memberdayakan para perempuan di Tanah Air yang termarjinalkan. Puteri ingin memberikan pelatihan manajemen dasar. Untuk tahap pertama, Puteri menargetkan sebanyak 100 perempuan bisa diberikan pelatihan.

Program 'Young Leader For Indonesia" sendiri sudah berlangsung sejak 2008. Dan kali tahun ini sudah yang ke tujuh kalinya yang diselenggarakan secara periodik satu tahun sekali.

Pesertanya merupakan para mahasiswa Indonesia semester terakhir dengan IPK minimal 3,35, fasih berbahasa Inggris dan memiliki pengalaman berorganisasi dengan baik.

Untuk tahun ini pesertanya berjumlah 60 orang yang diseleksi dari 1.300 pendaftar dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air maupun di Malaysia, Singapura, Jepang dan Australia.