Hotel segera berdiri di bantaran Sungai Musi

id hotel, bantaran sungai musi, sungai musi, hotel segera berdiri, dibantaran sungai musi

Hotel segera berdiri di bantaran Sungai Musi

Sungai Musi. (FOTO antarasumsel.com/12)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sebuah hotel berbintang lima dengan 20 lantai segera berdiri di dekat bantaran Sungai Musi kawasan Seberang Ulu Palembang setelah pemerintah kota menerima desain bangunan beberapa waktu lalu dari BUMN pengembang pariwisata ITDC.

Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menunjukan keseriusan membangun hotel di tepi Sungai Musi dengan memaparkan desain awal pembangunan hotel berbintang lima beberapa waktu lalu.

"Rencananya hotel ini akan dibangun di lahan Pemko Palembang seluas 6 ribu meter persegi dengan desain berbentuk kapal dengan kebutuhan anggaran berkisar Rp200 miliar," kata dia.

Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Investasi Pemkot Palembang Sudirman Tegoeh menambahkan ITDC bersedia membangun hotel mewah itu karena telah memproyeksikan Kota Palembang sebagai lokasi wisata sungai pertama di Indonesia.

"ITDC tertarik mengembangkan pariwisata di Kota Palembang, karena di Indonesia belum ada yang fokus mengembangkan wisata sungai, sementara untuk wisata laut terbilang sudah banyak," kata Sudirman.

Pemkot menyambut baik rencana ini karena sejak lama terkendala dana dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Kehadiran BUMN PT ITDC ini diharapkan memecah kebuntuan mengingat selama ini belum ada yang mampu menyambungkan antara pihak swasta dan pemerintah.

"Yang disukai dari kerja sama ini yakni PT ITDC akan mengawal ketersediaan dana, seperti halnya ketika membangun Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang membutuhkan dana Rp1,8 triliun. Kini pemerintah pusat sudah siap menguncurkan dana Rp250 miliar setiap tahun," kata dia.

Sementara ini, Pemkot Palembang fokus pada dua sektor yakni pariwisata dan ekonomi kreatif.