Alex Noerdin: Deman batu akik berdampak positif

id alex noerdin, gubernur sumsel, gubernur sumatera selatan, demam batu akik, berdampak positif, batu akik

Alex Noerdin: Deman batu akik berdampak positif

Ilustrasi Ahmad Najib mewakili pemerintah daerah menunjukkan sejumlah batu unggulan asli Sumatera Selatan usai jumpa pers gelaran South Sumatera Gemstones Festival 2015 di hotel Swarna Dwipa Palembang, Sumsel, Selasa (5/5). (Foto:antarasumsel.com/15/

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kepala daerah yang dilanda demam batu akik akhir-akhir ini berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Kota Lubuklinggau.

"Contohnya, Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mempromosikan batu akik dengan mengasah sendiri menjadi panutan karena ternyata menambah pendapatan bagi masyarakat," kata Alex Noerdin di Lubuklinggau, Senin.

Ia mengatakan, tren batu akik kini membuat semangat wali kota membangun Lubuklinggau di berbagai bidang hingga mengalami perkembangan sangat pesat, termasuk tingkat ekonomi masyarakat berubah setelah pengembangan bisnis batu akik.

Apalagi harga karet petani hingga kini masih anjlok, dan tidak diimbangi dengan harga bahan pokok yang melambung tinggi. Untuk mengatasinya adalah bisnis batu akik lokal yang kualitasnya tak kalah dengan daerah lain di Tanah Air.

"Saya mengenal betul Wali Kota Lubuklinggau ini banyak ulahnya, ibarat pepatah nenek moyang orang banyak ulah akan menghasilkan pendapatan karena kreatif dan inovatif termasuk salah satunya SN Prana Putra Sohe," kata Alex dengan nada bercanda.

Oleh karena itu, lomba batu akik secara nasional dan internasional melalui perlombaan "Dunhil Bike" rencananya akan digelar di Kota Lubuklinggau dan menjadi tuan rumah pada 2016.

Untuk merebut tuan rumah perlombaan Dunhil Baike itu ada dua daerah yaitu Kota Lubuklinggau dan Jawa Barat, sedangkan yang akan merebut tuan rumah Asean Games DKI-Jakarta dan Kota Palembang, ujarnya.

Ketua Gamestone Indonesia Tutur Yogi mengatakan dengan semangat demam batu akik secara tidak langsung meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengangkat citra batu akik Lubuklinggau yang tak kalah bersaing dengan daerah lain.

Dengan lomba mengasah dan pameran batu akik tersebut yang disaksikan masyarakat Indonesia akan mengangkat nama batu akik Sumatera selatan di tingkat nasional.

Untuk penilaian pemenang nantinya dilihat dari ketangkasan dan nilai estetika batu itu sendiri dan pemenangnya akan diikutkan pada perlombaan batu akik piala Presiden akhir Juni 2015.

Pada lomba mengasah batu akik pada rangkaian kegiatan Pekan olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan ke-X adalah Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengalahkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Peserta lomba mengasah batu akik itu selain diikuti Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Iza Fadri dan seluruh unsur terkait lainnya.