Bupati/Wali kota ikut lomba asah batu akik

id akik, batu akik

Bupati/Wali kota ikut lomba asah batu akik

Batu akik (Foto Antara)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Bupati dan wali kota se-Sumatera Selatan mengikuti lomba asah batu akik dalam penyambut Pekan Olahraga Provinsi di Lubuklinggau, 24 - 30 Mei 2015.

Lomba asah batu akik sekaligus pameran nasional logam mulia itu dibuka Gubenur Sumsel, H Alex Noerdin di Lubuklinggau, Minggu.

Lomba asah batu akik yang pertama dilaksanakan cukup meriah karena para bupati dan wali kota sangat serius dalam perlombaan tersebut.

Gubenur Sumsel mengatakan, lomba asah batu akik dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi yang diikuti ribuan atlet se-Sumsel.

Selain itu, lomba asah batu akik sebagai upaya mendorong industri kecil yang ada di daerah ini, katanya.

Namun, lanjut dia, demam batu akik tersebut belum tahu sampai kapan sehingga perlu disiasati.

Oleh karena itu lomba asah batu akik ini juga salah satu upaya dalam menyiasati agar batu mulia tersebut semakin menarik sekaligus berkualitas.

Sehubungan itu, pihaknya menyambut baik dilaksanakan lomba asah batu akik apalagi diikuti kepala daerah, ujarnya.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan, lomba asah batu akik tersebut sebagai upaya mempromosikan keberadaan sumber kekayaan alam.

Apalagi Gubernur Sumsel sangat mendorong keberadaan batu akik yang ada di daerah ini, katanya.

Sementara tim batu akik nasional Tutur Yoga mengatakan, lomba asah batu akik antarkepala daerah tersebut pertama dilaksanakan di Indonesia.

Yang jelas lomba asah batu akik itu untuk memotivasi perkembangan industri daerah.

Selain lomba asah batu akik juga dilaksanakan kontes dan bazar batu akik nasional.

Dalam lomba asah batu akik tersebut juga diikuti Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil, Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri dan Danrem Garuda Dempo Kol Inf Suko Basuki serta beberapa bupati atau mewakili.

Dalam lomba asah batu akik tersebut tampil sebagai juara pertama Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, disusul Wakil Wali Kota Prabumulih dan Dandim Mura Letkol Arm Wiwin Sugiono.