Dinsos Sumsel awasi Raskin dioplos beras plastik

id dinsos sumsel, dinas sosial sumatera selatan, dinas sosial sumsel, awasi raskin, raskin dioplos beras palstik, beras plastik, beras sintetis

Dinsos Sumsel awasi Raskin dioplos beras plastik

Ilustrasi uji beras plastik (ANTARA FOTO)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan yang sejak dua tahun terakhir dilibatkan melakukan pengawasan penyaluran beras khusus untuk masyarakat miskin atau raskin, meningkatkan pengawasan guna mencegah kemungkinan dioplos dengan beras plastik.

Untuk meningkatkan pengawasan penyaluran raskin, disiagakan 227 orang sukarelawan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumatera Selatan M.S Sumarwan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan tersebut setiap ada kegiatan penyaluran raskin ditugaskan melakukan pengawasan sehingga beras bantuan untuk masyarakat miskin dipastikan kondisinya layak konsumsi dan terbebas dari campuran beras plastik atau bahan berbahaya lainnya bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan TKSK selama ini, pelaksanaan pendistribusian raskin di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel ini secara umum berjalan dengan baik, lancar, dan tepat sasaran sesuai diharapkan.

Untuk mempertahankan kondisi tersebut dan menutup celah upaya pengoplosan dengan beras plastik, penyimpangan pendistribusian raskin jatuh ke tangan masyarakat yang tidak berhak, kegiatan pengawasan pendistribusian di lapangan akan dilakukan lebih ketat lagi.

"Petugas TKSK yang disiapkan melakukan pengawasan kegiatan penyaluran raskin di setiap kecamatan atau kawasan permukiman penduduk, dalam kondisi ditemukannya beras plastik di Bekasi, Jawa Barat, diminta melakukan pengawasan di lapangan lebih intensif lagi sehingga raskin aman dari campuran bahan berbahaya itu," ujarnya.

Selain menugaskan sukarelawan TKSK, untuk melakukan pengawasan pendistribusian raskin secara ketat sehingga kualitasnya terjamin dengan baik dan tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berhak atau diperjualbelikan dengan harga yang tinggi, pihaknya mengharapkan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat.

Pengawasan raskin tidak mungkin mampu dilakukan petugas TKSK yang jumlahnya sangat terbatas, oleh karena itu dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam menjamin kualitas raskin dan menyukseskan penyaluran bantuan bahan makanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mencegah timbulnya permasalahan sosial di kawasan permukiman penduduk miskin itu, ujar Sumarwan.