Napoli perebutkan tiket Liga Champions di markas Juventus

id napoli, perebutan tiket liga champions, di markas juventus, liga italia, liga utama italia, pertandingan liga italia

Napoli perebutkan tiket Liga Champions di markas Juventus

Napoli (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Milan, (ANTARA Sumsel/AFP) - Napoli menghadapi akhir pekan yang sangat penting pada perjuangan memperebutkan tiket Liga Champions, di mana pasukan Rafael Benitez akan melawat ke markas tim yang mengejar tiga gelar Juventus, dan pesaingnya Lazio menjamu Roma pada "derby" ibukota.

Napoli, yang menghuni peringkat keempat dengan selisih tiga angka dari zona Liga Champions, mengunjungi markas Juventus yang masih bersuka cita setelah memenangi final Piala Italia dengan skor 2-1 atas Lazio pada Rabu.

Ini merupakan raihan gelar ganda pertama Juve sejak mereka terakhir kali menjuarai Piala Italia pada 1995 dan membuat juara liga sebanyak 31 kali itu, yang akan bertemu Barcelona di final Liga Champions di Berlin pada 6 Juni, berada pada jalur untuk meraih "treble" perdana mereka.

Napoli akan dimaafkan seandainya berharap Massimiliano Allegri mengistirahatkan sejumlah pemain intinya untuk pertandingan Sabtu di Turin, namun hal itu bahkan tidak menjamin keuntungan apapun bagi tim tamu.

Allegri mengistirahatkan lima pemain kunci pada pekan lalu, dan Juve masih bisa pulang dari San Siro dengan kemenangan 2-1 atas Inter Milan, yang sekaligus menghantam harapan-harapan tuan rumah untuk lolos ke Liga Europa.

Napoli, yang menang 3-2 atas Cesena yang telah terdegradasi pada pertandingan terakhirnya, perlu mengalahkan Juventus untuk menjaga peluang dapat menembus Liga Champions menyusul pekan yang berakhir mengecewakan.

Kemenangan bagi pasukan Benitez akan membuat mereka memiliki koleksi angka yang sama dengan Lazio, menjelang "derby" ibukota pada Senin ketika Roma akan mengincar kemenangan yang akan mengamankan peringkat kedua sekaligus tiket otomatis lolos ke Liga Champions.

Bagaimanapun, ini merupakan pekan yang santai bagi Benitez, yang mendapat banyak kritik untuk kekalahan Napoli dari Dipro di semifinal Liga Europa, yang membuat mereka tersingkir di ajang tersebut.

Benitez disebut-sebut akan meninggalkan klub ketika kontraknya habis pada Juni, dan ia dilaporkan telah mengadakan pembicaraan-pembicaraan dengan Real Madrid dengan prospek menggantikan Carlo Ancelotti.

Napoli, sementara itu, bergantung pada Lazio di mana pelatih Stefano Pilo tidak berada dalam suasana hati yang baik, setelah kehilangan satu-satunya peluang untuk meraih trofi musim ini.

Lazio berfokus sepenuhnya pada "derby" ibukota, dan Pioli berkata, "Anda harus memenangi final-final, bukan kalah di sana, namun saya benar-benar bangga terhadap tim saya dan tidak dapat menyalahkan satu pun dari mereka."
"Perjalanan kami di Piala (Italia) telah selesai, namun tidak di liga. Pertandingan Senin merupakan pertandingan terpenting kami musim ini. Dengan bantuan para penggemar kami, kami siap untuk memainkan pertandingan yang mempertaruhkan hidup kami."

Meski peluang Roma untuk meraih "scudetto" pertama mereka telah memudar akhir bulan silam, pasukan Rudi Garcia bertekad mengamankan tempat mereka untuk Liga Champions musim depan.  

Mereka menggenggam keunggulan satu angka atas Lazio menjelang "derby" itu, di mana pada Januari silam pertandingan antara keduanya berakhir dengan skor imbang 2-2 setelah kapten Roma Francesco Totti mengemas dua gol pada babak kedua untuk membatalkan gol-gol dari Stefano Mauri dan Felipe Anderson.

Gelandang Daniele De Rossi dikenal mudah kehilangan ketenangan, namun pemain internasional Italia itu telah berjanji bahwa hal itu tidak akan terjadi pada Senin.  
"Sekarang, saya lebih baik dalam menangani tensi. Saya lebih tenang," kata De Rossi pada awal pekan ini.

"Semakin dekat Anda dengan pertandingan Anda merasa tensi meninggi, namun saya telah memainkan banyak 'derby' dan saya pikir saya dapat menanganinya."

Sampdoria, Inter, dan Torino menghadapi pertandingan-pertandingan tandang yang krusial melawan Empoli, Genoa, dan AC Milan, ketika mereka berupaya mengunci satu dari tiga slot Liga Europa.

Namun Genoa, yang menghuni peringkat keenam dengan keunggulan dua angka atas Sampdoria dipastikan tersingkir dari persaingan setelah tidak mendapatkan lisensi UEFA dari otoritas Italia karena stadion Luigi Ferraris mereka tidak memenuhi standar-standar UEFA.  

Sampdoria berbagi stadion tersebut namun mereka mendaftarkan markas Sassuolo, Stadion Mapei, sebagai alternatif untuk pertandingan-pertandingan kandang di kompetisi Eropa.

Kekalahan 2-3 AC Milan dari Sassuolo akhir pekan silam mengakhiri harapan juara Eropa tujuh kali itu untuk lolos ke kompetisi Eropa.

      
Jadwal pertandingan Liga Italia (waktu dalam GMT):
Sabtu
Juventus vs Napoli (16.00), Genoa vs Inter (18.45)

Minggu
Empoli vs Sampdoria (10.30), Cesena vs Cagliari, Chievo vs Atalanta, Palermo vs Fiorentina, Parma vs Verona, Udinese vs Sassuolo (semua dimainkan pukul 13.00), AC Milan vs Torino (18.45)
 
Senin
Lazio vs Roma (18.45)
 
(Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)