Pemkot Palembang kejar pendapatan pajak parkir

id pemkot palembang, palembang, pemerintah kota palembang, kejar pendapatan parkir, pendapatan pajak parkir, pajak parkir, parkir, pajak

Pemkot Palembang kejar pendapatan pajak parkir

Lahan parkir 16 Ilir yang berada tepat dibawah Jembatan Ampera Palembang. Kawasan ini dipadati wisatawan terutama pada akhir pekan. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang mengejar Pendapatan Asli Daerah dari retribusi parkir karena diperkirakan bakal meningkat pada tahun ini mengingat terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat seiring dengan pergerakan kota menjadi metropolitan.

Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan Dinas Pedapatan Daerah Kota Palembang Sodikin di Palembang, Jumat, mengatakan, pada tahun ini diperkirakan pertumbuhan ekonomi di Palembang akan meningkat jika dibandingkan 2014 sehingga pemko menetapkan kenaikan setoran restribusi parkir hingga Rp3 miliar.

"Tahun ini target setoran parkir mencapai Rp19,112 miliar, dan sementara yang sudah terealisasi sebesar 25,38 persenatau sebesar Rp4,85 miliar. Namun tahun ini optimis bisa tercapai sebab pertumbuhan ekonomi cukup pesat," kata dia.

Ia mengemukakan, pertumbuhan ekonomi ini ditandai dengan mulai maraknya mal, hotel, pasar modern, dan sejumlah bangunan baru (ruko).

"Bangunan baru seperti ruko biasanya memiliki lahan parkir khusus, dan ini menjadi salah satu potensi pajak yang sedang digarap," kata dia.

Ia menambahkan, sementara ini sektor pajak hotel dan restoran masih menjadi yang tertinggi dalam PAD Kota Palembang.

Sejak awal tahun mengalami pertumbuhan cukup baik dengan meraup penerimaan sebesar Rp10 miliar hingga triwulan pertama 2015 atau telah mencapai 25 persen dari target.

"Sementara ini sudah berdiri 65 hotel dan restoran di Palembang, dan diperkirakan pada masa mendatang akan bertambah seiring dengan peran Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018," kata dia.