Delegasi OCA dijadwalkan kunjungi Sumsel

id OCA, Asian Games, Muddai Madang, KONI

Delegasi OCA dijadwalkan kunjungi Sumsel

Ketua KONI Sumsel Muddai Madang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Delegasi otoritas olimpiade di kawasan Asia (Olympic Council of Asia) dijadwalkan ke Palembang, Sumatera Selatan pada 13 Juni 2015 untuk memastikan kesiapan dareah tersebut dalam menyelenggarakan Asian Games tahun 2018.
    
Ketua Umum KONI Sumsel Muddai Madang yang dihubungi dari Palembang, Jumat, mengatakan, kepastian kedatangan delegasi OCA ini diungkapkan pada pertemuan ke-66 Dewan Eksekutif OCA "66th Executive Board Meeting of OCA" di Teheran, Iran, Kamis (21/5).
    
"Kedatangan delegasi OCA ke Palembang ini akan berada dalam satu rangkaian dengan kegiatan kunjungan ke Singapura yakni mengamati perhelatan SEA Games XXVIII. Rencananya mereka di Singapura dari 5 Juni hingga 12 Juni, kemudian pada 13 Juni sudah di Palembang," kata dia. 
    
Ia menerangkan, pada rapat yang dipimpin Presiden OCA Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah itu telah dibahas sejumlah agenda penting terkait persiapan Indonesia yakni DKI Jakarta dan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games pada Agustus 2018.
    
"Kedatangan delegasi OCA ke Palembang ini sudah masuk dalam agenda penting OCA pada tahun ini sehingga akan diikuti Dewan Eksekutif karena berkaitan dengan persiapan tuan rumah AG," ujar dia.
    
Dewan Eksekutif OCA akan meninjau kesiapan penginapan, sistem transportasi, rumah sakit, arena pertandingan, gedung sekretariat Asian Games, rencana pembangunan, TV Broadcast, doping, kebudayaan daerah, kebersihan lingkungan, program pemasaran dan sosialisasi Asian Games serta fasilitas pendukung lainnya yang dianggap penting dan berpengaruh pada pelaksanaan Asian Games nanti.
    
"Tugas ini cukup berat. Untuk itu, meminta dukungan masyarakat untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik seperti menjaga kebersihan lingkungan dan tertib berlalu lintas," kata dia.
    
Sumatera Selatan dipilih OCA menjadi tuan rumah bersama DKI Jakarta pada Asian Games XVIII pada 2018.
    
Sebelumnya, provinsi ini menjadi tuan rumah SEA Games XXVI 2011, Islamic Solidarity Games 2013, dan ASEAN University Games 2014.
    
Untuk menunjang peran Sumsel itu, pada tahun ini gencar dibangun sejumlah infastruktur, seperti pelebaran jalan, jembatan, hingga jalan tol.