Newcastle dan Hull bersaing ketat hindari degradasi

id liga utama inggris, liga inggris, juara liga inggris, newcastle united, hull city, bersaing hindari degradasi, zona degradasi, pertandingan liga inggr

Newcastle dan Hull bersaing ketat hindari degradasi

Liga Inggris - Premier League (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

London, (ANTARA/AFP) - Dua klub rival asal timur laut Inggris Hull City dan Newcastle United menghadapi pertandingan hidup-mati untuk dapat bertahan di Liga Utama Inggris pada akhir pekan ini, ketika musim 2014/2015 mencapai puncaknya.

Hull harus menang atas tamunya Manchester United pada Minggu untuk menjaga peluang bertahan di Liga Utama Inggris, namun jika mereka sukses, Newcastle akan terdegradasi kecuali mereka mampu menang atas tamunya West Ham United.

Newcastle akan memulai hari dengan keunggulan dua angka di atas zona degradasi, namun selisih gol Hull yang lebih superior (-18 berbanding -25) berarti bahwa jika kedua tim itu finis dengan koleksi angka yang sama, maka pasukan Steve Bruce yang akan selamat dari ancaman turun kasta.

Skenario itu mengingatkan pada hari terakhir musim 2008/2009, ketika Hull menghindari ancaman degradasi meski kalah 0-1 dari Manchester United dan Newcastle terdegradasi setelah kalah 0-1 di markas Aston Villa.

Bruce belum pernah menang atas bekas klubnya Manchester United dalam karir manajerialnya selama 17 tahun, namun ia meyakini dukungan dari publik Stadion KC dapat menguntungkan tim tuan rumah.

"Merupakan hal positif yang besar bahwa pertandingan ini dimainkan di kandang sendiri," kata mantan kapten United itu, yang timnya menelan kekalahan dari tiga pertandingan terakhirnya.

"Kami kedatangan salah satu raksasa sepak bola Inggris dan kami berharap para penggemar ada di belakang kami, dan para pemain siap untuk tantangan yang ada di depan, kami dapat memberi kejutan."
"Kami harus yakin bahwa terdapat satu perputaran terakhir dan itu diperlukan untuk membuka jalan kami."

Laju sembilan kekalahan dan satu kali imbang dari sepuluh pertandingan membuat Newcastle merosot dari peringkat ke-11 ke atas zona degradasi, menjelang pertandingan penting pada Minggu melawan tim papan tengah West Ham.

Para penggemar Newcastle telah menaikkan tensi protes mereka terhadap pemilik yang tidak populer Mike Ashley, dan pelatih John Carver mencoba bersikap optimistis dengan mengatakan bahwa ia tidak memikirkan ancaman degradasi.

"Itu bukan sesuatu untuk dipikirkan, sejujurnya. Itu bukan sesuatu yang ada di benak saya," ucapnya.

"Saya telah melihat apa yang terjadi pada masa lalu. Itu tidak bagus. Jika itu terjadi, itu tidak akan tertahankan, dan saya tidak tahu berapa lama waktu yang akan diperlukan untuk melewatinya."
"Namun sejauh yang saya cermati, mari biarkan kami mengurusi urusan kami dan kemudian ketika kami tiba pada Minggu pukul lima (16.00 GMT), maka saya akan memiliki ide yang lebih baik, sebagaimana yang akan kami lakukan."


Perpisahan Gerrard

Hari terakhir tidak akan memberikan banyak keseruan di sisi lain klasemen, di mana Chelsea telah mengamankan gelar dan spot-spot Liga Champions pun telah diamankan oleh sejumlah tim.

Juara musim lalu Manchester City, yang menjamu Southampton, dipastikan finis di peringkat kedua berkat keunggulan empat angka atas tim peringkat ketiga Arsenal.

Dan meski Manchester United secara matematis mampu menggeser Arsenal di peringkat ketiga, mereka akan memerlukan kemenangan di markas Hull dan Arsenal kalah dari tamunya West Bromwich Albion dibarengi dengan selisih tujuh gol.

Dua tim akan melakukan perayaan di Stamford Bridge, di mana Chelsea dijadwalkan menerima trofi Liga Utama Inggris setelah melawan Sunderland, yang sudah mengamankan status mereka sebagai peserta kompetisi teratas Inggris ini musim depan setelah bermain imbang 0-0 dengan Arsenal pada Rabu.

Satu-satunya hal lain yang masih akan ditentukan adalah kualifikasi Liga Europa, di mana Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Southampton bersaing untuk dua tiket tersisa yang menjamin tempat di turnamen tersebut.

Tim peringkat kelima Liverpool dan tim peringkat keenam Spurs akan lolos jika klasemen ini bertahan sampai akhir, namun peringkat ketujuh, yang dihuni Southampton, juga akan mendapatkan tiket Liga Europa jika Arsenal mengalahkan Villa pada final Piala FA pada 30 Mei.

Tottenham melawat ke markas Everton, sedangkan Liverpool melawat ke kandang Stoke City untuk pertandingan ke-710 sekaligus terakhir kapten Steven Gerrard untuk Si Merah, sebelum ia bergabung dengan Los Angeles Galaxy.

Pertandingan itu juga berpeluang menjadi laga terakhir di Liverpool bagi penyerang Raheem Sterling, yang menolak kontrak baru dilaporkan telah meminta untuk dijual.

Crystal Palace, yang menang 3-1 di Anfield pada pertandingan kandang terakhir Gerrard akhir pekan silam, mengakhiri musim dengan menjamu Swansea City, sedangkan Villa melakukan pemanasan untuk final Piala FA dengan menjamu Burnley, dan Leicester City merayakan keberhasilan mereka lolos dari degradasi dengan menjamu tim yang sudah dipastikan turun kasta Queens Park Rangers.

    
Jadwal pertandingan Liga Utama Inggris:
Minggu (14.00 GMT):
Arsenal vs West Bromwich Albion, Aston Villa vs Burnley, Chelsea vs Sunderland, Crystal Palace vs Swansea City, Everton vs Tottenham Hotspur, Hull City vs Manchester United, Leicester City vs Queens Park Rangers, Manchester City vs Southampton, Newcastle United vs West Ham United, Stoke City vs Liverpool

(Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)