Desa Penilikan ikut lomba desa tingkat provinsi

id desa, lomba desa

Desa Penilikan ikut lomba desa tingkat provinsi

Desa Penilikan ikut lomba desa tingkat Provinsi Sumsel 2015 (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Desa Penilikan SP 4 Kecamatan Peninjauan diharapkan mampu meraih juara tingkat Provinsi Sumatera Selatan mewakili Kabupaten Ogan Komering Ulu pada lomba desa terbaik tingkat provinsi Sumsel tahun 2015.

Camat Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ferry Iswan di Baturaja, Kamis, mengaku bangga atas terpilihnya Desa Penilikan untuk ikut bersaing seleksi desa terbaik tingkat provinsi.

"Kami atas nama masyarakat Kecamatan Peninjauan berbangga hati dengan kunjungan tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Sumsel tahun 2015," katanya.

Menurut dia, penilaian ini dalam rangka memberikan pembinaan dan evaluasi secara administrasi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, dengan tujuan terciptanya suatu sistem penyelenggaraan pemerintahan desa bersih dan berwibawa.

Ia berharap, Desa Penilikan dapat menjadi garda terdepan dan yang terbaik tidak hanya di OKU, tetapi juga di tingkat provinsi untuk mewakili Sumsel ke tingkat nasional.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam penyelenggaraan lomba desa tahun ini utamanya kepada Pelaksana tugas Bupati OKU, Kuryana Aziz, Pengurus PKK, BPMPD serta semua satuan kerja perangkat dinas terkait, dan seluruh masyarakat Desa Penilikan yang telah bersama-sama berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan lomba desa tahun ini," kata Ferry.

Dia menjelaskan, prestasi ini ke enam kalinya secara berturut-turut, Kecamatan Peninjauan menjadi yang terbaik mewakili OKU di tingkat Provinsi Sumsel dan prestasi terbaik diraih tahun 2014 degan keluar sebagai juara 1 di tingkat provinsi Sumsel, serta masuk 10 besar di tingkat nasional. "Target kita dapat kembali menjadi juara 1 di tingkat provinsi Sumsel dan masuk tiga besar tingkat nasional," katanya.

Pelaksana tugas Bupati OKU, Kuryana Aziz, melalui Assisten I Bidang Pemerintah Mirdaili, menjelaskan, pihaknya telah melakukan seleksi secara ketat hingga akhirnya Penilikan menjadi juara desa terbaik tahun 2015.

"Ini tentu tidak sembarang, tim yang diisi dari berbagai unsur dinas terkait melakukan seleksi secara ketat hingga akhirnya Penilikan menjadi juara.

Ia menilai, rasakan dan lihat sendiri, siapapun akan merasa nyaman dan tentram selama di Desa Penilikan, tak terkecuali para tim penilai.

Sementara, Azwar Junaidi, Ketua Tim Seleksi dari Pemprov Sumsel menjelaskan pihaknya akan melakukan seleksi seobjektif mungkin.

"Pada prinsipnya ada delapan aspek yang masuk penilaian, seperti kualitas pendidikan, kesehatan, perlindungan masyarakat, kondisi ekonomi termasuk tingkat partisipasi masyarakat,"kata dia.

Sejauh ini lanjutnya, sudah ada lima desa/kelurahan termasuk Desa Penilikan yang dilakukan penilaian. Desa manapun berpotensi untuk menang dan nanti penilaian akhir dilihat bersama. "Ada 13 desa dan empat kelurahan semuanya nanti akan dilihat,"ungkapnya.

Lomba tersebut merujuk pada Permendagri No 13 tahun 2007 sebagai upaya evaluasi kinerja pemerintah.

"Ini salah satu alat untuk melihat sejauh mana kualitas pembangunan, apakah hingga ke desa atau tidak, semacam tolok ukur perkembangan sebuah kabupaten," katanya.